Cara Menanam Alpukat, Flowerian.Com – Buah alpukat mungkin memiliki rasa yang agak unik, tidak terlalu manis dan berair seperti buah semangka, atau terasa asam seperti jeruk lemon.

Faktanya masih banyak saja orang yang suka buah alpukat, suka dimakan dengan atau tanpa tambahan topping.

Pernahkah Anda berpikir untuk menanam sendiri buah alpukat di rumah, jika jawabannya ya, maka cara menanam buah alpukat ini akan sangat membantu Anda.

Langkah-Langkah Cara Menanam Alpukat

Pilih Biji Alpukat




Tidak seperti buah-buahan lainnya yang hanya memiliki biji berukuran kecil, buah alpukat memiliki biji yang ukurannya sangat besar, Anda bahkan bisa melihat biji alpukat dengan sangat jelas saat membuka buahnya.

Untuk menanam buah alpukat yang sesuai harapan, Anda bisa menggunakan biji alpukat terbaik. Cari buah alpukat yang memiliki tekstur lembut dan sudah matang.

Sedangkan untuk mengeluarkan bijinya, Anda cukup memotong buah alpukat jadi dua bagian, jangan terburu-buru untuk memotong buah, berhati-hati saja supaya bijinya tidak menjadi rusak.




Setelah biji berhasil dikeluarkan, segera bersihkan biji alpukat dari sisa-sisa daging alpukat yang masih menempel.

Cara Menanam Alpukat Dengan Menumbuhkan Biji Alpukat Dalam Air

Sebelum Anda menanam biji alpukat di dalam air, pastikan lebih dahulu telah mencuci biji buah alpukatnya sampai tidak tersisa daging yang masih nempel, mengapa demikian?

Karena hal tersebut bisa memengaruhi pertumbuhan dari biji alpukat mengingat biji alpukat mempunyai sisi yang jauh lebih sempit di satu ujung tempat tumbuhnya daun serta sisi yang jauh lebih luas di ujung lainnya tempat tumbuh akar.

Di dalam sebuah wadah, Anda bisa meletakkan biji alpukat sedemikian rupa sampai ujung tempat tumbuhnyha akar ada di ujung dan bawah tempat bertumbuhnya dedaunan berada di bagian atas.




Jangan lupa untuk memastikan biji terendam dengan baik, sekitar setengahnya, cukup sisakan biji bagian atas jangan sampai ikut terendam air pula.

Tempatkan wadah di dekat jendela atau pilih tempat lainnya yang memungkinkan tanaman terkena sinar matahari secara langsung.

Pastikan untuk melihat biji setiap hari, karena biji alpukat harus selalu terendam air bila airnya berkurang maka Anda bisa menambahkan air secukupnya.

Pada umumnya, biji alupkat akan tampak mulai retak saat berusia 2-3 minggu di mana akar akan terlihat tumbuh kurang lebih setelah 3-4 minggu pada bagian biji yang tengah terendam air.

Biarkan saja biji terendam hingga akar berukuran 5-7 sentimeter dan saat batang mulai tumbuh, maka segera pindahkan biji dan tanam buah alpukat di dalam tanah.

Gambar Foto Cara Menanam Alpukat di Dalam Ruangan

Tanam Langsung Dalam Tanah Sebagai Cara Menanam Alpukat yang Tepat

Tahukah Anda jika biji alpukat pun bisa ditanam dengan sangat mudah dan cepat di dalam tanah, namun sebelum melakukan hal itu, pilih lokasi yang tepat lebih dahulu, dianjurkan untuk memiliki tempat yang mudah terkena sinar matahari.

Gali tanah seukuran biji alpukat dan tanamlah biji alpukat, pastikan jika bagian ujung bijinya yang sempit terlihat menyembul sedikit di atas tanah.

Selain memerhatikan kondisi pencahayaan, pastikan pula jika sistem drainase baik, jangan sampai Anda membiarkan biji alpukatnya terendam genangan air.

Rawat selalu tanaman alpukat Anda dengan menyiramnya secara teratur dengan air secukupnya mengingat tanaman ini tidak bisa menerima banyak air karena hanya akan membuat akarnya membusuk.

Baca juga: Cara Menanam Anggur

Bagaimana, cara menanam alpukat di atas sangat mudah bukan untuk dilakukan? mana yang akan Anda pilih, menanam di dalam air atau di dalam tanah?.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here