Cara Menanam Cendawan Kukur, Flowerian.Com – Cendawan mungkin tidak populer di Indonesia, namun tanaman ini sangatlah populer di Malaysia dan biasa dikonsumsi sebagai lauk pauk.

Tahukah Anda jika dari banyaknya jenis cendawan di dunia, ada satu jenis cendawan liar yang paling populer dan itu adalah cendawan kukur ( Schizophyllum commune ).

Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur Agar SuburCendawan kukur dinilai memiliki cita rasa yang lezat tiada tandingannya.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat baik di Malaysia dan Indonesia yang memiliki cuaca lembab serta udara panas hampir sepanjang tahun.




Bagi yang belum tahu tentang cendawan kukur, bisa mengetahuinya dari ciri-cirinya, cendawan kukur memiliki diameter 0.10-2 sentimeter yang mana biasa tumbuh dengan subur pada batang pohon yang sudah mati.

Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur di Batang KayuBagi yang menyukai cendawan kukur sebagai makanan, dianjurkan untuk menuai cendawan kukur yang telah berusia 2 hari di mana teksturnya masih lembut dan berwarna putih atau putih gelap.

Meskipun tanaman ini bisa dijumpai dengan cukup mudah di pasaran, namun beberapa orang lebih suka menanam cendawan kukur sendiri di rumah.




Pilih Tempat Tanam Terbaik

Sebelum buru-buru menanam benih cendawan kukur yang telah berhasil Anda dapatkan, alangkah baiknya apabila Anda membuat lingkungan tanam yang sesuai dengan tanaman ini terlebih dahulu.

Perhatikan dengan baik apa lingkungan tersebut memiliki kelembaban yang cukup tinggi, udara yang baik dan drainase yang baik.Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur Di Rumah

Cara Menanam Cendawan Kukur yang Baik dan Benar

Sebelum menanam cendawan kukur alangkah baiknya bila Anda mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu supaya proses penanaman tumbuhan ini berjalan dengan lancar.




Anda membutuhkan bubuk kayu, dedak padi, benih cendawan dan juga kapur pertanian.

Semua bahan yang telah dikumpulkan dicampurkan menjadi satu lantas diberi air secukupnya hingga cukup lembab dan sesuai sebagai media cendawan.

Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur Supaya Banyak TumbuhnyaMedia cendawan ini selanjutkan bisa dimasukkan dalam kantong plastik lalu ditutup dengan memakai tutup plastik dan dibentuk hingga menjadi lebih padat.

Pada proses penanaman, cendawan kukur memerlukan proses kukus yang bertujuan untuk membantu membunuh semua organisme serta kuman yang terdapat di dalam campuran media cendawan yang telah disediakan.

Dan setelah selesai dikukus media cendawan bisa didiamkan sejenak selama 2 hari baru dilanjutkan kembali dengan pemberian benih cendawan.Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur untuk Dijual

Cara Menanam Cendawan Kukur Dengan Benih

Setelah proses pendiaman selesai, Anda bisa membuka penutup media cendawan memakai pencungkil besi yang sudah dipanaskan untuk kemudian memberikan benih cendawan secukupnya saja.

Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur SederhanaMedia cendawan kukur yang berhasil diisi benih bisa langsung disusun di rumah cendawan yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Tanaman cendawan ini akan dibiarkan tumbuh dan berkembang kurang lebih selama 3 bulan dan dalam proses pertumbuhan ini, Anda wajib memerhatikan dengan seksama bagaimana kondisi dari tanaman, apakah kekurangan air atau mendapatkan lebih banyak sinar matahari.

Cara Menanam Cendawan Kukur – Panen

Setelah cukup masak untuk dipanen, Anda bisa segera melakukan panen cendawan kukur dan memanfaatkan tanaman ini baik sebagai sayur lauk makan atau dijual lagi karena bisnis cendawan kukur di Indonesia cukup menjanjikan.

Hanya perlu modal yang sedikit, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar mengingat banyaknya orang yang tertarik dengan khasiat dari tanaman ini yang kabarnya sangatlah banyak.Gambar Foto Cara Menanam Cendawan Kukur untuk Budidaya

Baca juga:

Cara Menanam Cendawan Kukur – Kesimpulan

Menanam cendawan kukur mungkin menjadi kegiatan yang baru bagi Anda karena Anda terbiasa menanam tanaman yang sudah Anda kenal sebelumnya, namun cara menanam cendawan kukur di atas akan membantu Anda dengan baik.


 

 

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here