Cara Menanam Daun Kesum yang Jitu dan Benar

Posted on

Cara Menanam Daun Kesum, Flowerian.Com – Kesum adalah sejenis tanaman herba yang cukup populer di Malaysia dan Indoensia.

Selain populer dengan nama tersebut, tanaman ini juga populer dengan nama Knotweed di Inggris, Phak phai di Thailand. Bahasa biologinya Persicaria odorata.

Gambar Foto Cara Menanam Daun Kesum dari BatangTanaman ini bisa tumbuh dengan subur di kawasan yang lembab jadi bila rumah Anda tergolong kawasan yang cukup lembab maka Anda bisa menanam daun kesum dengan sangat mudah.

Secara marfologi, tanaman daun kesum merupakan tanaman herba menjalar yang bisa tumbuh hingga 1 meter di dataran rendah dan 1.5 meter tepat di dataran tinggi.

Tanaman ini memiliki daun yang runcing dan panjang berbentuk anak panah dengan lebar 0.5-2.0 senti dan panjang 5-7 senti.

Hampir seperti daun pandan atau daun kemangi yang memiliki aroma khas, daun kesum pun memiliki aroma yang sangat khas.Gambar Foto Cara Menanam Daun Kesum Di Halaman Rumah

Cara Menanam Daun Kesum yang Benar

Di mana pun media penanamannya, sesungguhnya tempat terbaik untuk menanam tanaman ini adalah lahan yang agak lembab yang telah diberikan pupuk organik.

Setelah tanahnya tersedia maka Anda sudah bisa menanam benih daun kesum.

Benih daun kesum tidak sulit untuk didapatkan, Anda hanya perlu memotong dari pohon yang sudah tumbuh.

Potong tepat di bagian batangnya baru kemudian tanam seperti biasa Anda menanam tanaman lainnya.

Hasil tanaman yang akan Anda peroleh bila menanam daun kesum di lahan berbeda dengan hasil tanaman bila Anda menanam tanaman ini di dalam pot.Gambar Foto Cara Menanam Daun Kesum di Pot

Karena daun kesum yang ditanam di dalam pot biasana memiliki ruas batang yang jauh lebih panjang, dan daun lebih lebar, pokoknya hasil lebih tinggi berbanding terbalik bila menanam di tempat terbuka tepat di bawah sinar matahari.

Cara Menanam Daun Kesum Dalam Pot

Sebagai pemula mungkin Anda belum mau untuk menanam tanaman apa pun di lahan terbuka, masih memilih pot sebagai media tanam yang paling mudah dan paling ringan.

Dan bila perhatian Anda kini tertuju pada tanaman daun kesum, maka Anda bisa mencoba untuk segera menanamnya di dalam pot.

Menanam tanaman daun kesum di dalam pot sudah sering dilakukan oleh banyak orang.



Banyak orang yang menilai cara ini sebagai cara yang lebih mudah, ketika daun tumbuh dan berkembang nanti, Anda bisa memetik daunnya dengan lebih mudah.

Cara menanamnya hampir serupa dengan teknik penanaman tanaman lain, Anda hanya perlu mengisi pot dengan tanah yang subur dan mulai menanam tanamannya.

Selesai menanam daun kesum, pastikan Anda menyimpan tanaman ini di tempat yang tepat yang bisa mendapatkan cahaya matahari.Gambar Foto Cara Menanam Daun Kesum untuk Konsumsi

Cara Menanam Daun Kesum – Perawatan dan Pemupukan

Setelah berhasil menanam bukan berarti tugas Anda telah selesai, karena Anda masih perlu melakukan banyak hal untuk menjaga tanaman ini agar tumbuh subur dan tidak mati.

Ada pun perawatan yang perlu Anda lakukan adalah pemberian pupuk, drainase dan penjagaan dari hama.

Jenis pupuk yang dianjurkan untuk dipakai adalah pupuk organik. Selain memberikan pupuk, siram selalu tanaman ini supaya tidak kekurangan air, dan jagalah tanaman dari serangga atau hama pengganggu lainnya.

Baca juga:

Cara Menanam Daun Kesum – Penutup

Tahukah Anda jika ada cara menanam daun kesum lainnya yang tidak kalah mudah dan populer dari cara yang telah dijelaskan di atas, dan itu adalah cara menanam akuatik di mana benih daun kesum ditanam dengan media air.

Cara tanam ini tidak kalah efektif dan mudah, selamat mencoba dan semoga sukses.


 

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *