Cara Menanam Ekor Kucing, Flowerian.Com – Ekor kucing merupakan salah satu tanaman asli yang berasal dari Hindia Barat, yang ditanam sebagai tanaman hias di taman maupun halaman rumah.

Tanaman ekor kucing termasuk pada jenis perdu yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1-3 meter, memiliki batang yang bulat dengan permukaan yang kasar dan berwarna coklat kehijauan.

Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing untuk Tanaman HerbalTanaman ekor kucing berasal dari family Euphorbiaceae dan subfamily Acalyphinae, serta genus Acalypha.

Di Indonesia tanaman ini juga dikenal dengan nama bunga ekor kucing, Red hot cat’s tail di England atau tanaman pokok ekor kucing di negara Malaysia.




Bentuk dan tampilan yang unik menjadikan tanaman ini sebagai salah satu jenis tanaman hias yang paling diminati.

Anda yang tertarik untuk menghias taman dengan tanaman yang unik dan mencolok bisa segera menanam ekor kucing sendiri di halaman atau taman rumah.

Cara Menanam Ekor Kucing Di Taman Rumah

Ada beberapa tipe dari tanaman ekor kucing dan salah satu yang diketahui adalah dwarf acalypha yang cocok sekali untuk dibudidayakan di dalam pot biasa maupun pot gantung.




Bagi yang tertarik untuk menanam ekor kucing di rumah bisa memulainya dari stek batang. Stek batang dinilai sebagai cara budidaya yang paling mudah dan paling cepat.

Tanaman ekor kucing akan tumbuh dengan sangat baik di dataran rendah yang memiliki iklim panas dengan rata-rata suhu 30-35 derajat Celcius.

Tanaman ini termasuk pada jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari, jadi tidak ada masalah bila ekor kucing terpapar sinar matahari sepanjang hari.

Yang sudah tidak sabar untuk melhat musim bunga ekor kucing tidak perlu khawatir karena dalam sebulan, tanaman ini bisa tumbuh dan berbunga lebih dari sekali dan jumlah kuntum bunga yang muncul tiap tanaman bisa lebih dari 5.Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing untuk Pagar Taman Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing untuk Hiasan Rumah Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing untuk Bunga Gantung




Cara Menanam Ekor Kucing Di Pot

Jika Anda lebih tertarik untuk menggunakan media yang sederhana ketika menanam tanaman ini, maka media pot akan menjadi tempat terbaik.

Pilih pot yang sekiranya memiliki diameter sekitar 20-30 sentimeter, mau itu pot biasa atau pot gantung. Sediakan pula tanah humus maupun tanah kompos.

Setelah tanaman ekor kucing berhasil Anda tanam, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin, setidaknya siram tanaman ini satu kali tiap harinya dan berikan pula pupuk.

Proses pemupukan tanaman ini tidak begitu rumit, Anda hanya perlu memberikan pupuk setidaknya 1 bulan sekali, pilih pupuk NPK Bunga.Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing di Halaman Rumah Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing di Depan Rumah Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing agar Subur

Cara Menanam Ekor Kucing – Manfaat Ekor Kucing

Bagian tubuh tanaman ekor kucing yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat adalah bunga dan daun. Namun tahukah Anda apa saja manfaat besar yang bisa diberikan dari tanaman ini?

Kabarnya, tanaman ekor kucing bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi radang usus, muntah darah, cacingan, mimisan, disentri, luka bakar dan masih banyak lagi.

Semua penyakit tersebut diatasi dengan memanfaatkan bunga ekor kucing sedangkan untuk daunnya, bermanfaat sebagai obat batuk darah, sariawan, disentri dsb.

Untuk obat minum, rebuslah 10-30 gram bunga lantas air rebusan bunga ekor kucing diminum.

Sedangkan untuk pemakaian luarnya, Anda bisa menggiling daun ekor kucing atau bunga ekor kucing secukupnya saja hingga menjadi halus lantas tempelkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.Gambar Foto Cara Menanam Ekor Kucing agar Cepat berbunga

Baca juga:

Cara Menanam Ekor Kucing – Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaiamana cara menanam ekor kucing yang benar dan apa saja manfaat dari tanaman tersebut, apakah Anda masih ragu untuk mulai menanam?

Hiasi rumah dengn penghijauan. Semoga membantu

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here