Cara Menanam Indigofera Pakan Ternak yang Berkualitas Tinggi

Posted on

Cara Menanam Indigofera, Flowerian.Com – Indigofera merupakan jenis tanaman yang berasal dari family Fabaceae.

Memiliki 700 spesies yang mana telah tersebar secara meluas di berbagai benua termasuk di Benua Asia, tepatnya di Indonesia.

Gambar Foto Cara Menanam Indigofera untuk Ternak Indigofera australisPada tahun 1900-an, tanaman Indigofera sp telah dibawa masuk ke negara kita oleh colonial Eropa yang hingga saat ini perkembangannya terus meroket tajam.

Tanaman ini berfungsi dengan sangat baik sebagai pakan ternak dengan kandungan fosfor, kalsium dan nitrogen yang tinggi.

Jadi jangan merasa aneh jika banyak peternak yang juga berprofesi sebagai petani tanaman indigofera.

Sistem perbanyakan dari tanaman ini adalah dari biji tanaman yang telah berusia kurang lebih 1 tahun yang belum pernah dipanen sekali pun.

Dan buah yang diambil akan dijemur sampai mengering untuk kemudian diremas dan dipisahkan dari bijinya, setelah itu biji diambil untuk dijemur kurang lebih selama 2 hari.

Untuk menghindari kelembaban biji yang telah dikeringkan dua hari tersebut harus dikering anginkan selama satu hari baru kemudian disimpan di dalam kemasan yang tertutup dan kemudian dibuka lagi saat akan disemai.

Cara Menanam Indigofera Secara Vegetatif

Perbanyakan dari tanaman ini secara vegetative adalah cabang yang sangat baik proses pertumbuhannya, terutama di lahan yang telah menghasilkan atau berhasil memproduksi.

Proses pemotongan perlu dilakukan dengan memakai pisau yang tajam untuk mengindari sobekan, proses pemotongan menjadi tanaman atau stek dengan panjang sekitar 30 sentimeter.

Sebelum menanam tanaman indigofera secara vegetative, petani harus mempersiapkan lahan terlebih dahulu dengan sebaik mungkin.

Diawali dengan melakukan penggemburan tanah dengan cara mencangkul tanah atau membajak tanah lantas.

Gambar Foto Cara Menanam Indigofera Sebagai Pakan TernakLangkah selanjutnya dengan memberikan pupuk organik padat sebanyak 10 kg/hektar, pemberian pupuk makro 200 kg/hektar dengan perbandingan yang tepat.

Cara Menanam Indigofera yang Jitu dan Menghasilkan

Saat hendak menanam tanaman indigofera sp, atur jarak tanam sekitar 75 sentimeter di antara barisan dan 50 sentimeter jarak di dalam barisan.

Bahan tanaman yang asalnya dari proses generative harus disemaikan lebih dahulu dan dalam proses persemaian tunggu hingga tanaman berusia 4-6 minggu baru bisa dipindahkan ke lapangan.



Tanaman indigofera harus mendapatkan perhatian yang sama banyaknya dari tanaman lain yang biasa Anda tanam, termasuk dalam proses pemeliharaan.

Setidaknya saat menanam tanaman ini, Anda harus sudah mengetahui bagaimana tata cara pemberian pupuk yang benar dan berapa besar dosis pupuk yang diperlukan.

Cara Menanam Indigofera – Panen

Tanaman ini akan siap dipanen saat berusia 240 hst untuk 1x pemanenan dan bisa dipanen lagi dengan selisih 3 bulan lamanya dari saat pemanenan pertama dilakukan.

Proses panen akan dilakukan dengan cara membabat indigofera dari batang hingga ke daun untuk kemudian disisakan batang bagian bawahnya saja untuk pertumbuhan tunas berikutnya.

Gambar Foto Cara Menanam Indigofera untuk Budidaya Indigofera zollingerianaTidak perlu khawatir tanaman akan mati, karena tanaman ini memiliki rentang usia yang cukup panjang, sekitar 3 tahun lamanya.

Cara Menanam Indigofera – Kesimpulan

Daripada Anda menghabiskan banyak uang dengan membeli makan ternak yang berkualitas tinggi dan bernutrisi bagi hewan peliharaan Anda, ada baiknya bila Anda memanfaatkan tanaman indigofera.

Tanaman ini terbukti sangat baik dan bernutrisi untuk tumbuh dan kembang hewan karena mengandung banyak nutrisi.

Selain itu tata cara menanam indigofera pun sangat mudah, hampir sama dengan proses penanaman tanaman lainnya yang sebelumnya mungkin pernah Anda lakukan.

Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil dengan tanaman yang satu ini.


 

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *