Cara Menanam Kacang Ijo dan Memanennya Segera

Posted on

Cara Menanam Kacang Ijo, Flowerian.Com – Kacang ijo atau dikenal dengan nama latin Vigna radiata merupakan jenis tanaman yang masuk dalam golongan polong-polongan.

Tanaman ini biasa tumbuh dan berkembang di daerah yang tropis termasuk di Indonesia.

Gambar Foto Cara Menanam Kacang Ijo yang Baik untuk BudidayaDi Indonesia kacang hijau dimanfaatkan sebagai bahan makanan tambahan mengingat kandungan protein nabatinya yang sangat tinggi.

Jangan heran jika budidaya tanaman kacang hijau sangat besar peminatnya di Indonesia.

Budidaya tanaman ini tidaklah sulit, semua orang yang mau belajar pasti bisa melakukannya asalkan mereka memiliki referensi yang mencukupi dan teknik penanaman yang baik dan benar.

Persiapan Lahan

Langkah awal yang akan memulai perjuangan Anda untuk menanam tanaman kacang ijo berawal dari persiapan lahan.

Gambar Foto Cara Menanam Kacang Ijo di Lahan KebunKarena kacang hijau termasuk pada jenis tanaman yang memiliki kriteria tanah unik yaitu tanah lempung yang berliat dengan kandungan organik.

Selain itu sistem drainase yang cukup baik pun diperlukan untuk hasil maksimal, umumnya tingkat keasaman pH antara 6.5-7.0.

Tahukah Anda jika melakukan budidaya tanaman kacang ijo pada lahan bekas ditanami padi bisa menjadi alternatif cara penanaman yang baik?

Yang perlu diperhatikan adalah tanaman kacang hijau sudah mesti ditanam pasca 5 hari padi maupun jagung selesai dipanen.

Setelah mempersiapkan lahan dengan baik, lanjutkan dengan membuat bedengan yang lebarnya 1 meter dengan tinggi 0.5 meter.

Serta memiliki jarak antar bedengan sekitar 150 sentimeter, lanjutkan dengan membuat lubang tanaman 20×20 senti.

Cara Menanam Kacang Ijo Dengan Melakukan Persemaian Benih

Persemaian benih dari tanaman kacang hijau perlu dilakukan dengan cara membasahi benihnya menggunakan air secukupnya lantas mengeringkan dan mendiamkan benih tersebut sekitar satu hari supaya benih dari tanaman tersebut memunculkan kecambah.

Setelah benih yang selesai disemai berkecambah, lanjutkan dengan menanam bibit pada lubang tanam.



Setidaknya masukanlah 2-3 bibit dalam 1 lubang tanam lantas tutup lagi bibit dengan tanah.

Gambar Foto Cara Menanam Kacang Ijo dari BijiJangan lupa pula untuk menambahkan pupuk di dua lubang lainnya dan tutup lagi dengan tanah.

Terakhir siram lubang tanam tersebut dengan air seperlunya saja untuk menjaga kelembaban tanah.

Cara Menanam Kacang Ijo Serta Perawatan Pasca Penanamannya

Penyiraman mutlak dibutuhkan guna mendapat tumbuh-kembang yang baik.

Oleh karena itu bila Anda melihat cuaca hari ini cukup panas karena masih berada di tengah musim kemarau maka siramlah tanaman kacan ijo setidaknya 2x setiap hari, tepat di pagi dan juga sore hari.

Gambar Foto Cara Menanam Kacang Ijo PenyemaianNamun bila musim sedang hujan, Anda tidak perlu menyiram tanaman cukup dengan memperhatikannya saja, dan menjaganya jangan sampai tanaman kacang ijo Anda terendam oleh air.Gambar Foto Cara Menanam Kacang Ijo dan Perawatannya

Penyiangan Gulma dan Penyulaman

Proses penyiangan gulma bertujuan untuk mengindarkan tanaman dari hama pengganggu sedangkan penyiangan bermaksud untuk mengganti bibit yang sudah mati atau gagal tumbuh.

Proses penyiangan ini bisa Anda lakukan setelah umur tanaman mencapai 2 pekan, perhatikan saja dengan baik bagaimana kondisi dari tanaman yang mengalami gagal tumbuh.Gambar Foto Cara Menanam Kacang Ijo untuk Pertanian

Jika memang terjadi gagal tumbuh, Anda bisa segera mencabut tanaman dan menggantikannya dengan bibit yang masih baru.

Panen

Saat memasuki masa panen kedelai ketika umur tanaman sudah mencapai 3-4 bulan, maka Anda bisa melakukan proses ini setiap hari terutama di pagi hari.

Cara pemanenannya sendiri sangat mudah, cukup dengan memetik polong kacang hijaunya saja.

Bagaimana? bukankah sangat mudah cara menanam kacang ijo di halaman rumah, Anda yang kebetulan tidak memiliki banyak aktivitas bisa memulainya mulai dari sekarang.


 

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *