Cara Menanam Fumak, Flowerian.Com – Alih alih mengenal fumak mungkin yang Anda kenal saat ini adalah selada.

Namun tahukah Anda jika tanaman ini merupakan jenis sayuran daun yang dari segi fisik ampak mirip dengan daun selada.

Gambar Foto Cara Menanam Fumak dari Semai Biji BenihPerbedaan antara fumak dan daun selada hanya terletak pada aromanya saja, di mana fumak memiliki aroma yang sangat khas hampir menyerupai aroma daun pandan.

Fumak kerapkali disajikan bersama sayuran lain, paling sesuai bila dimasak bersama seafood, ditumis dengan bumbu yang sedap.




Tumbuhan ini cukup populer sebagai pauk karena memiliki kandungan zat besi, vitamin dan mineral yang cukup tinggi.

Fumak yang berwarna merah umumnya memiliki daun yang berwarna hijau dengan corak merah.

Pembenihan




Dari sekian banyak jenis sayuran yang Anda pilih untuk ditanam di halaman rumah, mungkin saja menanam fumak terasa biasa saja.

Padahal butuh persiapan yang baik untuk menanam sawi ini, tentunya Anda tidak bisa menanam fumak asal-asalan termasuk dengan memilih benih yang tidak berkualitas.

Gambar Foto Cara Menanam Fumak yang Baik dan BenarAnda bisa membeli benih fumak di salah satu toko pertanian, jika Anda membeli benih sayuran ini, setidaknya Anda tidak perlu repot membuat benih fumak sendiri, jadi bisa segera menanam sayur fumak di media penanaman yang telah tersedia.

Sebelum membeli salah satu benih fumak di toko tersebut, lihat terlebih dahulu bagaimana kualitas dari benih tersebut karena kemasan benih ternyata bisa ikut memengaruhi kualitas dari benih fumak.




Apalagi kabarnya benih tanaman bisa kadaluarsa sewaktu-waktu, jadi alangkah baiknya apabila Anda melihat tanggal produksi terlebih dahulu dan usahakan agar tidak membeli benih fumak yang sudah lama sekali usianya.

Pengolahan Lahan Pertanian Sebagai Tahap Awal Cara Menanam Fumak

Pengolahan lahan tentu harus diperhatikan dengan baik karena lahan ini merupakan awal mula gagasan penanaman sayuran ini apakah nantinya akan dilakukan dengan memakai pot atau media polybag.

Gambar Foto Cara Menanam Fumak untuk BudidayaMengapa demikian? karena baik menggunakan polybag maupun pot, Anda tetap membutuhkan tanah untuk melakukannya, sebagaimana menanam fumak di kebun atau taman atau sawah.

Sebelum menanam fumak, lakukan persiapan pada lahan dengan menggarapnya menggunakan cangkul, cara ini dilakukan agar lahan menjadi gembur dan memiliki cukup banyak ruang untuk sirkulasi udara

Setelah selesai menggemburkan tanah, tabur pupuk organik secukupnya atau gunakan saja pupuk kandang.

Cara Menanam Fumak Dengan Melakukan Penyemaian

Apakah Anda tahu bagaimana cara yang benar memperlakukan benih fumak untuk tahapan penyemaian?

Sebagaimana yang dilakukan saat Anda mempersiapkan lahan, pada proses penyemaian ini Anda pun membutuhkan media khusus, tidak diperkenankan untuk menebar benih secara asal-asalan.

Anda bisa menggunakan pupuk kandang dan pupuk kimia hasil dari kombinasi antara urea, Tsp, Kcl.

Anda bisa mulai membuat media penyemaian dengan menyediakan lahan yang luasnya 1.5×1.5 meter dengan ketinggian 1.5.

Isilah media dengan 4 kg pupuk kandang dan 1 kg pupuk urea serta 10 gram pupuk tsp dan juga 10 gram pupuk Kcl.

Dua pekan kemudian, Anda sudah bisa menabur benih fumak secara merata lalu selesaikan dengan menaburkan tanah halus pada permukaan atas benih fumak.Gambar Foto Cara Menanam Fumak agar Subur

Baca juga:

Cara Menanam Fumak – Pemeliharaan

Supaya tanaman fumak Anda tidak mati di tengah masa pertumbuhan, pastikan Anda melakukan perawatan dengan baik.

Di antaranya dengan menyiram tanaman selalu dengan air dan memberikan pupuk, jauhi tanaman dari hama pengganggu dan jaga kebersihan di sekitar lahan pertanian.

Semoga cara menanam fumak di atas dapat membantu Anda yang berkeinginan untuk memulai budidaya tanaman fumak di rumah, selamat mencoba dan semoga sukses.


 

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here