Cara Menanam Gaharu Bagi Pemula Untuk Bisnis Menguntungkan

Posted on

Cara Menanam Gaharu, Flowerian.Com – Gaharu merupakan kayu berwarna kehitaman yang mana mengandung resin khas yang dihasilkan oleh berbagai spesies pohon marga atau genis Aquilaria.

Biasanya resin khas yang terdapat pada gaharu ini biasa digunakan di dalam industri parfum mengingat aroma yang dikeluarkan dari gaharu sangat harum.

Gambar Foto Cara Menanam Gaharu CabutanAnda yang berniat untuk menanam gaharu di rumah harus mengetahui dengan baik fakta jika ada banyak sekali faktor yang bisa memberi pengaruh pada keberhasilan proses penanaman.

Beberapa diantaranya yang paling krusial adalah jenis tanah, lungkungan sekitar dst.

Bibit Berkualitas

Gambar Foto Cara Menanam Gaharu - Penyemaian BijiAwali proses penanaman gaharu dengan mempersiapkan bagian paling penting yakni persiapan bibit gaharu pastikan untuk selalu memilih bibit yang berkualitas tinggi.

Anda bisa mendapatkan bibitnya dari berbagai toko pertanian, bibit yang berkualitas akan menghasilkan pohon yang baik.

Minimal bibit yang Anda tanaman berada dalam kondisi sehat, tidak terserang hama dan memiliki diameter 1 sentimeter dan secara fisik di mana akarnya belu menembus polybag.Gambar Foto Cara Menanam Gaharu Super

Persiapkan Lahan Tanam

Jika bibit sudah Anda dapatkan maka Anda sudah bisa memulai proses menanam gaharu.

Perlu Anda ketahui jika minimal jarak tanam tanaman ini 3×3 meter, dan bila Anda memiliki lahan yang cukup luas kurang lebih sekitar 1 hektar maka Anda bisa menanam sekitar 1000 gaharu.

Bukankah sangat banyak dan sangat menguntungkan apalagi bila musim panen tiba?Gambar Foto Cara Menanam Gaharu yang Baik dan Benar

Cara Menanam Gaharu Dengan Media Tanam Terbaik

Proses pembuatan lubang tidak memiliki sntandar khusus terkecuali pengaturan penggalian lubang yang maksimal dilakukan 1 bulan sebelum penanaman bibit gaharu atau sekitar 2 minggu paling dekatnya.

Tujuannya untuk menjaga tekstur dan struktur tanah supaya tetap subur sehingga akar muda bibit gaharu bisa menyesuaikan dirinya dengan perubahan struktur tanah yang berasal dari dalam polybag.

Sebelum menanam, usahakan untuk menggemburkan tanah dan buatlah lubang dengan ukuran standar sekitar 30x30x30 atau sesuaikan saja dengan tinggi tanaman tersebut.



Anda tentu tidak ingin bukan jika bibit gaharu tertanam begitu dalam.Gambar Foto Cara Menanam Gaharu dan Perawatannya

Cara Menanam Gaharu Dengan Memberikannya Naungan

Agar tanaman gaharu tetap aman dan terlinduri dari paparan sinar matahari juga mengurangi penguapan air secara berlebihan maka Anda dapat membuat naungan supaya bibit tetap terlindungi dari sinar.

Anda bisa memanfaatkan jerami atau cukup menutupi pohon gaharu dengan memakai daun yang lebar-lebar.

Ada sumber yang berkata jika waktu terbaik untuk penanaman yakni di antara pertengahan musim hujan.

Perawatan Umum

Anda dapat memberikan pestisida kimia atau pestisida organik, tergantung jenis mana yang paling Anda sukai.

Tujuan pemberian pestisida ini untuk menjaga tanaman terserang hama mengganggu terutama saat musim kemarau.

Karena hama pengganggu yang mengganggu daun pohon gaharu bisa menjadi cikal bakal dari matinya pohon ini.

Jadi Anda harus berhati-hati ketika melihat hama ulat langsung saja berikan pestisida kimia secukupnya.

Bisnis gaharu saat ini memang sangat terkenal tidak heran jika mulai banyak petani yang berpikir untuk memulai menanam gaharu sebagai salah satu jenis tanaman yang menuntungkan.

Sama seperti tanaman pohon lainnya, gaharu pun memerlukan lingkungan yang baik, tanah yang gembur dan pestisida untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.Gambar Foto Cara Menanam Gaharu dari Biji Gambar Foto Cara Menanam Gaharu - Mengenal Jenis Daun Gaharu

Cara Menanam Gaharu – Kesimpulan

Anda yang masih belajar bagaimana cara menanam gaharu yang baik dan benar bisa menyimak ulasan singkat di atas.

Pelajari dengan baik dan seksama dan praktekkan di lahan Anda, semoga berhasil dan membawa keuntungan yang besar bagi dompet Anda yang mulai menipis.


 

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *