Cara Membuat Pupuk Organik Padat dari Kotoran Kambing

Posted on

Cara Membuat Pupuk Organik Padat dari Kotoran Kambing, Flowerian.Com – Sisa-sisa kotoran kambing ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik, seperti halnya kotoran hewan ternak lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat pupuk organik padat dari kotoran kambing tersebut? Prosesnya tidak terlalu panjang dan gampang dilakukan kok.

Kalau penasaran tentang bagaimana cara membuatnya, berikut ini penjelasan lengkap tentang panduan membuat pupuk organik padat dari kotoran kambing.

Proses Cara Membuat Pupuk Organik Padat dari Kotoran Kambing

Bahan-bahan:

  • 500 kg atau 1 ton kotoran kambing
  • 200 kg abu/ bekas gergajian/ sekam
  • 200 kg kapur pertanian (Dolomit)
  • 4 Botol Bakteri EM4

Alat-alat:

  • Ember
  • Terpal
  • Cangkul

Tahapan Pembuatan:

1. Sebelum membuat campuran bahan, terlebih dahulu kotoran kambing harus dihancurkan dengan menggunakan mesin atau mencampurkannya dengan Ureal.

2. Siapkan sebuah hamparan atau tempat yang terlindung dari air hujan, sehingga air tidak menggenangi hamparan tersebut.

3. Kemdian, buatlah lapisan-lapisan untuk proses pencampuran bahan agar lebih mudah.

Campurkan kotoran kambing yang sudah dihancurkan dengan kapur pertanian, sekam, bekas gergajian hingga mencapai tebal kurang lebih 20 hingga 30 cm.

4. Siapkan sebuah ember dan isilah dengan bakteri EM4 sesuai dengan dosis serta air secukupnya. Kemudian, siramkan air larutan bakteri EM4 tersebut pada lapisan campuran kotoran kambing hingga kadar air mencapai 40%.

Bisa juga dengan mengukur kadar air tersebut dengan meremas segenggam campuran kotoran kambing dan pastikan air tidak menetes saat diremas.

5. Buatlah lapisan berikutnya hingga seluruh bahan habis. Kemudian, lapisan-lapisan tersebut dicangkul dari salah satu sisi hingga terbentuk timbunan-timbunan baru.

6. Lakukan pada arah sebaliknya, kemudian timbun atau buatlah gunungan sebesar lebar terpal penutup yang sudah disiapkan.

7. Tutup timbunan tersebut menggunakan terpal. Pastikan untuk memberikan beban pada pinggiran terpal sehingga terpal tidak tertiup angin.



8. Diamkan selama kurang lebih satu minggu, setelah itu bukalah terpal tersebut untuk kemudian diberi airasi pada proses pengomposan.

Proses pengomposan yang berhasil akan menimbulkan hawa panas yang dapat dirasakan saat membongkar timbunan.

9. Selama kira-kira tiga minggu kompos sudah bisa diongkar dan diangin-anginkan agar aroma amoniak lenyap dan pupuk organik dari kotoran kambing sudah bisa dipakai.

Pengaplikasian Pupuk Organik Padat dari Kotoran Kambing

Aplikasi pupuk organik padat kotoran kambing ini bisa dilakukan bersamaan pada saat pengolahan lahan untuk tanaman musiman.

Kalau untuk tujuan pemupukan tanaman tahunan, ada baiknya untuk membenamkan pupuk pada bagian ujung akar karena semakin banyak pupuk organik yang diberikan dengan cara tersebut, maka kesuburan tanah semakin meningkat.

Manfaat Pupuk Organik Padat

Ada beberapa manfaat pupuk organik padat terhadap tanaman serta lahan. Berikut akan dijelaskan secara singkat manfaat-manfaatnya:

1. Menggunakan pupuk organik berarti panen yang dihasilkan, apalagi kalau tanaman tersebut adalah bahan pangan, maka akan bebas dari bahan kimia berbahaya. Sehingga, dapat menurunkan tingkat risiko kanker, stroke, dan penyakit lain.

2. Pupuk organik juga sangat ramah lingkungan karena lebih mudah untuk diuraikan serta tidak menimbulkan polusi lingkungan.

Tidak seperti pupuk kimia yang mampu memberikan dampak seperti polusi lingkungan, penyakit, serta matinya tanaman kalau tidak menggunakan pupuk yang tepat.

3. Selain itu, pupuk organik juga mampu menjaga kesuburan tanah pertanian hingga bertahun-tahun.

Hal ini karena bahan-bahan organik yang ada dalam pupuk organik dapat dengan cepat diuraikan oleh tanah serta tidak menyisakan komponen yang membuat tanah menjadi tidak subur.

Baca juga:

Cara membuat Pupuk Organik dari Kotoran Sapi

Cara Membuat Pupuk Organik Padat dari Kotoran Kambing – Kesimpulan

Seperti halnya kotoran hewan ternak lainnya, kotoran kambing ternyata sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan pembuat pupuk organik.

Selain itu, memberikan pupuk organik untuk tanaman akan memberikan lebih banyak manfaat.

Cara membuat pupuk organik padat dari kotoran kambing ini juga tidak sulit dan kualitas hasil panen pun pastinya terjamin.


src: organicfacts, peternakan kambing

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *