11 Keajaiban Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Bahkan kecantikan

Posted on

Manfaat Daun Kelor, Flowerian.Com – Beragam manfaat daun kelor dapat dirasakan manusia dalam menjaga kesehatan tubuh.

Maka tidak heran jika tanaman yang memiliki nama ilmiah Moringa oleivera ini dijuluki sebagai pohon ajaib (miracle tree) oleh para ilmuwan karena manfaatnya yang begitu besar.

Lalu, apa saja yang perlu diketahui dari daun yang memiliki bentuk bulat lonjong dengan ukuran kecil dan tersusun rapi ini? Berikut ulasannya lengkapnya.

Manfaat Daun Kelor – Kandungan

Daun kelor dikenal sebagai super food, yakni bahan pangan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan manusia.




Hal ini dapat dibuktikan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh United States Department of Agriculture (USDA) mengenai daun ini, dimana dalam setiap 100 gram daun kelor mengandung:

1. Mineral

• Potasium 337 mg
• Kalsium 185 mg
• Magnesium 147 mg
• Fosfor 112 mg
• Sodium 9 mg
• Besi 4 mg
• Seng 0,6 mg
• Mangan 0,36 mg




2. Vitamin

• Vitamin A 378 µg
• Vitamin B1 (Tiamina) 0,257 mg
• Vitamin B2 (Riboflavin) 0,660 mg
• Vitamin B3 (Niasin) 2,220 mg
• Vitamin B5 (Asam Pantotenat) 0,125 mg
• Vitamin B6 (Piridoksina) 1,2 mg
• Vitamin B9 (Folat) 40 µg
• Vitamin C 51,7 mg

3. Protein 9,4 g
4. Energi 64 kacl
5. Lemak 1,40 mg
6. Unsur Lainnya 78,66 g
7. Karbohidrat 8,28 g
8. Serat 2,0 g

Dari rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai nutrisi dalam setiap 100 g daun kelor melebihi sumber makanan lainnya, yakni:




• Potasium dua kali lebih banyak dibandingkan pisang.
• Kalsium empat kali lebih banyak dibandingkan susu.
• Vitamin A empat kali lebih banyak dibandingkan wortel.
• Vitamin C tujuh kali lebih banyak dibandingkan jeruk.
• Protein dua kali lebih banyak dibandingkan telur.

Manfaat Daun Kelor yang Telah Diteliti

Tanaman kelor, khususnya pada bagian daunnya memiliki beragam manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Menurut C. Gopalan, seorang pakar gizi di National Institute of Nutrition di Hyderabad, India, manfaat lebih besar daun kelor bisa didapatkan tubuh setelah diolah menjadi bentuk bubuk dibandingkan dimasak sebagai sayuran.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun kelor dalam menjaga kesehatan tubuh dengan pengonsumsiannya secara tepat.

1. Manfaat Daun Kelor Mencegah dan Mengatasi Kanker Payudara

Saat ini, kanker merupakan momok yang paling menakutkan di dunia karena dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia apabila tidak tertangani dengan baik.

Salah satu jenis kanker dengan kasus terbanyak adalah kanker payudara, dimana kebanyakan kasus dialami oleh para wanita.

Untuk mencegah maupun mengatasi penyakit ini, konsumen dapat menggunakan ekstrak daun kelor.

Kandungan senyawa aktif dalamnya dikenal ampuh sebagai obat antikanker, seperti Niaziminin, potasium, Isothiocyanate benzyl.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, pencegahan dan penghentian perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh dapat ditangani

Selain itu, kandungan beragam nutrisi, mineral, vitamin, dan asam amino dalam daun kelor dapat membantu penderita kanker yang sedang menjalani program kemoterapi dengan memperkuat berbagai sel tubuh dan bertahan dari efek-efek samping yang dapat ditimbulkan dari program ini.

2. Manfaat Daun Kelor Mencegah Asam Urat
Berdasarkan sebuah penelitian yang diungkapkan dalam “Journal of Chinese Integrative Medicine” edisi Bulan Februari 2011, daun kelor dapat digunakan dalam membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi, seperti arthritis dan asam urat.

Hal ini dikarenakan, sari daun kelor yang digunakan mampu mengurangi kepekaan dan rasa nyeri yang dapat ditimbulkan oleh penyakit-penyakit ini.

Selain itu, kombinasi antara sari daun dan akar kelor dinilai memiliki efek sinergis dalam mengurangi rasa nyeri apabila diolah secara tepat.

3. Manfaat Daun Kelor Sebagai Obat Anti Kanker
Dalam sebuah penelitian tentang jaringan sel kanker serviks manusia yang dicantumkan dalam jurnal “Food and Chemical Toxicology” edisi bulan Juni 2011, ekstrak daun kelor dapat digunakan dalam menangkal pertumbuhan beragam sel kanker dalam tubuh.

Hal inilah yang menjadi dasar mengapa tanaman kelor, khususnya pada bagian daunnya dapat digunakan sebagai obat antikanker.

Selain itu, kadar antioksidan dan potasium yang dikandung dalam daun kelor juga sangat tinggi. Dua kandungan ini dinilai berkhasiat dalam meperlambat dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

4. Manfaat Daun Kelor Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah
Menurut penelitian yang dipaparkan dalam Journal Phytotherapy Research, daun kelor secara tidak terduga ternyata mampu dalam menjaga kadar darah tetap di ambang normal dan mencegah terjadinya kolesterol tinggi.

Kondisi ini dapat terjadi mengingat daun kelor mengandung zat Thiocarbamate glikosida, minyak mustard glikosida, dan nitril yang ampuh dalam menyeimbangkan kadar kolesterol darah dalam tubuh.

Dengan penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh, konsumen tentunya akan terhindar dari berbagai penyakit yang lebih fatal dan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, seperti penyakit jantung dan stroke.

5. Manfaat Daun Kelor Mengobati Sakit Mata
Daun kelor dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan lensa mata. Selain itu, ekstrak daun kelor juga banyak digunakan secara umum dalam mencegah dan mengatasi penyakit mata degeneratif.

Kemampuan dalam menjaga dan mengobati beragam penyakit mata ini disebabkan oleh kandungan daun kelor yang kaya akan Vitamin A dan Beta Karoten.

Bahkan, kandungan senyawa-senyawa ini dinilai empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Jadi, bisa dibayangkan jika ekstrak daun kelor sering digunakan dalam menjaga mata agar selalu sehat dan berfungsi optimal.

6. Manfaat Daun Kelor Mencegah dan Mengatasi Kista
Selain kanker, salah satu penyakit yang paling ditakutkan oleh kaum wanita adalah kista.

Kista pada wanita umumnya menjangkiti ovarium, di mana pertumbuhannya akan sangat membahayakan kesehatan wanita dan juga janin yang dikandung selama masa kehamilan.

Untuk mencegah hal ini dapat terjadi, ekstrak daun kelor dapat digunakan karena memiliki kandungan antioksidan dan potasium yang sangat tinggi.

Selain itu, kandungan Niaziminin, potasium, Isothiocyanate benzyl dalamnya juga dapat membantu menghentikan pertumbuhan kista sehingga tidak menyebar ke organ-organ tubuh lainnya.

7. Manfaat Daun Kelor Menyehatkan Kulit dan Mencegah Timbulnya Jerawat
Kandungan Vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi dalamnya, membuat daun kelor memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit, salah satunya adalah dengan mencegah timbulnya jerawat yang membandel.

Selain dengan cara dikonsumsi sebagai sayur, manfaat dari daun kelor juga bisa didapatkan dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Dengan kandungan antibakteri alami yang dimilikinya, daun kelor seringkali digunakan dalam mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan kulit lainnya, seperti infeksi, bau badan, peradangan, ketombe, bekas gigitan nyamuk, kutil, hingga luka bakar.

8. Manfaat Daun Kelor Mencegah Penyakit Diabetes
Memiliki kadar Seng yang tinggi dalamnya membuat daun kelor sangat ampuh dalam mengatasi penyakit diabetes.

Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Wisconsin La Crosse, Amerika Serikat, kandungan Seng sangat diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi insulin.

Dengan kemampuan inilah, daun kelor dapat mengurangi kandungan gula dalam darah hingga ambang batas aman.
Selain kandungan Seng, daun kelor juga memiliki senyawa asam klorogenat dan isothiocyanate yang memiliki fungsi yang sama sebagai perlindungan alami tubuh terhadap penyakit gula ini.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Food Science Technology, senyawa-senyawa ini bekerja dengan mengatur kandungan gula darah dan memungkinkan sel untuk melepas maupun mengambil gula (glukosa) yang dibutuhkan tubuh

9. Manfaat Daun Kelor Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
Di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia, tanaman kelor seringkali digunakan dalam mengatasi permasalahan flek hitam yang muncul di wajah.

Bagian-bagian yang sering digunakan adalah dalam hal ini adalah daun, kulit batang, biji, dan bunga tanaman kelor.

Kandungan tanaman kelor yang kaya akan kalsium dan mineral, seperti Seng, besi, tembaga, magnesium, mangan, dan silika menjadi faktor utama mengapa tanaman ini dapat membantu mengangkat flek hitam di wajah.

Berbagai kandungan ini bekerja dalam melembabkan wajah sehingga kulit wajah senantiasa bersih dan terawat.

Selain itu, daun kelor juga memiliki lebih dari 30 zat antioksidan lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan kulit.

Mineral dan asam amino yang terdapat dalamnya dapat membantu meningkatkan produksi protein keratin dan kolagen sehingga kesehatan kulit dapat terjamin hingga ke tingkat jaringannya.

Tidak heran, ekstrak tanaman kelor seringkali digunakan dalam berbagai macam produk perawatan dan kecantikan kulit, seperti krim antipenuaan, krim antikerut, krim pencerah, facial foam, minyak aromaterapi, lotion, hingga deodoran.

10. Manfaat Daun Kelor Membuat Rambut Tampak Sehat
Memiliki rambut sehat dan mengkilap merupakan idaman banyak orang. Untuk mempertahankan kesehatan rambut, daun kelor dapat digunakan dengan cara diseduh layaknya teh pada umumnya.

Dengan pengonsumsian secara rutin, rambut akan terlihat sehat dan pertubuhan rambur semakin meningkat.

11. Manfaat Daun Kelor Memutihkan Wajah
Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajahnya bersih dan tampak putih. Ternyata, daun kelor juga dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam hal ini.

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sangat berperan penting dalam mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Dengan terangkatnya sel-selu kulit mati ini, wajah akan tampak lebih cerah dan bersih, dan bahkan mencegah penuaan dini seperti timbulnya keriput.

Aturan Pakai/Konsumsi Daun Kelor

Beragam manfaat di atas bisa didapatkan konsumen dengan cara penyajian daun kelor yang tepat. Setiap penyakit memiliki cara pengonsumsian daun kelor yang berbeda.

Untuk itu, berikut ini adalah aturan pakai/konsumsi daun kelor yang dianjurkan dalam mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Kanker Payudara
Untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh, khususnya pada area payudara, pengonsumsian ekstrak daun kelor dapat dilakukan dengan takaran 100 g setiap harinya.

Sedangkan untuk mengatasinya, dosis yang digunakan dapat ditambahkan ataupun juga dikonsumsi dengan cara lain, misalnya dengan cara disayur.

2. Asam Urat
Untuk mengatasi asam urat maupun masalah sendi lainnya, seperti rematik dan pegal linu, dua lembar daun kelor dapat digunakan.

Caranya, tumbuk daun kelor hingga halus, lalu tambahkan setengah sendok makan kapur sirih. Ramuan obat ini bisa digunakan sebagai param.

3. Kolesterol
Menurut hasil uji coba penelitian yang dipaparkan dalam “Journal of Medicine Food” edisi Bulan Februari 2009, pemberian ekstrak daun kelor dengan takaran 200 mg setiap kg berat tubuh setiap harinya selama satu bulan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, risiko penyakit jantung juga dapat dihindari karena hal ini.

4. Sakit Mata
Pengobatan sakit mata, seperti peradangan, dapat dilakukan dengan tiga helai daun kelor. Caranya, tumbuk daun kelor hingga halus lalu tambahkan 100 ml air.

Setelah itu, peraslah tumbukan tadi hingga mendapatkan sari daun kelor. Sari inilah yang nantinya digunakan sebagai obat tetes mata sehingga mata kembali sehat seperti semula.

Sedangkan bagi penderita yang mengalami rabun senja dan iritasi pada mata, sari daun kelor dapat dimanfaatkan dengan cara diminum.

Campurkan sari daun kelor dengan segelas air putih hangat. Bila diperlukan, tambahkan madu secukupnya sebagai pemanis. Untuk hasil yang lebih baik, konsumsi ramuan ini pada malam hari sebelum tidur.

5. Kista
Penggunaan dosis daun kelor pada pencegahan maupun pengobatan kista kurang lebih sama dengan dosis untuk pencegahan kanker.

100 g ekstrak daun kelor dapat dikonsumsi setiap harinya untuk mencegah kista tumbuh dan menyebar pada organ dalam tubuh.

6. Jerawat
Untuk mengobati jerawat yang membandel, siapkan terlebih dahulu daun kelor yang telah dibersihkan. Setelah itu, haluskan daun kelor untuk kemudian dioleskan pada seluruh wajah, seperti penggunaan masker.

Diamkan pada wajah setidaknya 20 menit hingga kering, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap harinya sebelum tidur di malam hari.

7. Diabetes
Untuk mencegah penyakit diabetes yang menjadi momok banyak orang saat ini, pengonsumsian ekstrak daun kelor dapat diberikan dengan takaran 150 mg setiap harinya (Journal of Diabetes, Juni 2012).

8. Flek Hitam
Untuk mengatasi flek hitam yang muncul di wajah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai masker. Tumbuklah segenggam daun kelor muda hingga halus.

Setelah itu, oleskan pada wajah hingga merata dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah, bilas wajah menggunakan air bersih.

9. Rambut
Dalam menjaga rambut tetap sehat, teh daun kelor banyak dipilih karena memiliki efek yang sangat manjur. Saat ini, teh daun kelor bisa ditemukan dalam kemasan yang dijual di beberapa supermarket, apotek, atau toko kesehatan lainnya.

Selain itu, konsumen pun juga dapat membuatnya sendiri. Caranya, keringkan daun kelor di tempat teduh.

Hindari penjemuran daun kelor di bawah terik matahari maupun dioven karena dapat menghilangkan banyak nutrisi penting dalamnya.

Setelah kering, tumbuk daun kelor lalu seduh menggunakan air hangat. Konsumen dapat menambahkan madu atau gula untuk rasa yang lebih nikmat.

10. Memutihkan Wajah sebagai Masker
Sama seperti dalam hal mencegah dan mengatasi jerawat serta flek hitam di wajah, menampilkan wajah putih dan bersih dapat dilakukan dengan menggunakan daun kelor sebagai masker.

11. Luluran
Selain membuat wajah tampak bersih, ternyata ekstrak daun kelor juga dapat diaplikasikan pada seluruh tubuh sebagai luluran.

Caranya pun cukup mudah. Gunakan daun kelor secukupnya, lalu tumbuk hingga benar-benar halus.

Setelah itu, balurkan hasil tumbukan daun kelor tadi ke seluruh tubuh dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Efek Samping Daun kelor

Daun kelor merupakan jenis panganan yang sangat aman untuk dikonsumsi bila digunakan dengan benar. Selain itu, buah dan bijinya juga memiliki manfaat tersendiri dan aman untuk dikonsumsi.

Meskipun begitu, ada satu bagian dari tanaman kelor yang tidak boleh untuk dikonsumsi, yakni bagian akarnya.

Hal ini dikarenakan, akar tanaman kelor mengandung zat beracun yang cukup tinggi. Bila bagian ini termakan oleh manusia, kelumpuhan dan bahkan kematian dapat terjadi secara bertahap.

Selain itu, daun kelor juga perlu dihindari oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Hal ini dikarenakan daun ini dapat memberikan efek samping berupa gangguan pada kehamilan, seperti kontraksi uterus, komplikasi, dan juga keguguran.

Hingga saat ini, belum ada informasi secara pasti bagaimana daun kelor dapat dikonsumsi secara aman bagi wanita hamil.

Jadi, menghindari penggunaannya merupakan cara terbaik untuk mencegah dampak buruk yang tidak diinginkan.

Terakhir, pernahkah mendengar informasi jika daun kelor bermanfaat dalam meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) bagi wanita menyusui.

Beberapa penelitian menekankan bahwa daun kelor sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Namun, informasi ini juga sebenarnya masih kabur dan belum dapat dipastikan kebenarannya.

Untuk itu, ada baiknya untuk menghindari penggunaan daun kelor bagi ibu menyusui hingga manfaat ini sudah dapat dipastikan secara resmi.

Resep Daun Kelor untuk Lauk

Selain digunakan sebagai obat dengan cara diekstrak maupun dijadikan masker, ternyata daun kelor dapat menjadi menu makanan sehat dan lezat yang bisa ditambahkan sebagai sayur.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, ikuti beberapa resep daun kelor untuk lauk berikut ini.

1. Sayur Bening dengan Daun Kelor dan Oyong

Bahan-Bahan:

• 1 ikat daun kelor muda
• 1 buah gambas/oyong
• 2 siung bawang putih
• 3 siung bawang merah
• 1 lembar daun salam
• 1 L air bersih
• Gula pasir, gula merah, dan garam secukupnya.
• Jenis sayuran lainnya sesuai dengan selera, seperti wortel, buncis, tomat, maupun kacang panjang.

Cara Pengolahan:

• Pisahkan daun kelor dengan batangnya, lalu cuci bersih.
• Kupas oyong, lalu cuci bersih. Setelah itu, potong oyong dengan ketebalan kira-kira 2 cm.
• Iris tipis bawang putih dan bawang merah. Kemudian, masukkan pada sebuah panci yang telah berisi air. Jangan lupa untuk menambahkan daun salam, gula, serta garam. Rebus hingga air mendidih.
• Jika sudah mendidih, masukkan daun kelor, oyong, serta sayuran tambahan ke dalam panci. Pastikan sayuran tidak terlalu matang agar kandungan gizinya tidak hilang.
• Sajikan untuk 5-6 porsi.

2. Sayur Asam Daun Kelor dan Sukun

Bahan-Bahan:

• 2 ikat daun kelor
• 500 g buah sukun muda
• 1 batang serai
• 5 biji kemiri
• 2 cm lengkuas
• 3 buah cabai keriting
• 1 bungkus ukuran kecil terasi
• Asam, penyedap rasa, gula, dan garam secukupnya

Cara Pengolahan

• Pisahkan daun kelor dari batangnya. Kemudian, cuci hingga bersih.
• Kupas sukun, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, potong sukun seukuran dadu.
• Haluskan kemiri, terasi, dan cabai keriting.
• Siapkan panci, lalu rebus air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan sukun yang telah dipotong-potong dan biarkan hingga matang.
• Jika sukun sudah matang, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersamaan dengan serai dan lengkuas yang sudah digeprek sebelumnya. Masukkan pula asam, penyedap rasa, gula, dan garam sesuai dengan selera.
• Masukkan daun kelor dan rebus sesaat.
• Jika sudah matang, angkat dan sajikan untuk 5-6 porsi.

Bingung daun kelor seperti apa? Yuk lihat penampakannya dibawah ini:

Gambar Foto Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Gambar Foto Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Gambar Foto Manfaat Daun Kelor untuk Menyembuhkan Penyakit Gambar Foto Manfaat Daun Kelor untuk Sehari-Hari

Jangan lupa baca juga:

Kesimpulan

Daun kelor memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan dalam mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Meskipun begitu, daun kelor juga dapat memberikan dampak negatif bila dikonsumsi tidak sesuai dengan takaran yang dianjurkan oleh para ahli.

Untuk itu, perhatikan beberapa langkah dalam mengonsumsi maupun mengolah daun kelor agar memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh.

Dan juga, selamat menikmati racikan makanan lezat di atas dengan manfaat daun kelor dalamnya.


rujukan: expertscolumn, webmd

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *