Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Ibu Hamil dan Bayi

Posted on

Manfaat Buah Naga, Flowerian.Com – Tidak banyak yang mengetahui manfaat buah naga yang begitu besar dalam menunjang kesehatan manusia.

Padahal jika dapat memanfaatkannya dengan baik, buah dengan nama ilmiah Hylocereus undatus ini mampu mencegah dan mengatasi beragam permasalahan kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat yang dapat diberikan dari buah yang banyak dikembangkan di negara tropis seperti Indonesia, Meksiko, Taiwan, Vietnam, dan Filipina ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Jenis Buah Naga

Buah naga memiliki beragam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan warna daging maupun kulit luarnya. Selain itu, setiap jenisnya memiliki beberapa perbedaan dari tekstur dan harga jualnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai jenis buah naga dan kandungan nutrisi dalam setiap buahnya.

1. Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus)

Gambar Foto Manfaat Buah Naga - Hylocereus polyrhizusBuah naga merah memiliki tampilan kulit berwarna merah pekat dengan sisik kuning kehijauan.

Sedangkan untuk bagian dalam, daging buah ini memiliki warna merah marun dengan biji hitam yang tersebar pada daging buahnya.

Tekstur dagingnya pun lebih berair dibandingkan dengan varietas lainnya.

Untuk rasanya, buah ini memiliki rasa yang sangat manis ketika sudah matang. Maka tidak heran, harga jual di pasarannya pun dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan buah naga putih.

Karena rasa manisnya inilah, buah naga merah sangat cocok untuk diolah menjadi smoothie maupun jus buah.

2. Buah Naga Putih (Hylocereus undatus)

Gambar Foto Manfaat Buah Naga - Hylocereus undatusJenis ini merupakan varietas buah naga yang paling banyak ditemui di pasaran.

Selain itu, pembudidayaan buah naga putih dikenal sangat mudah karena cukup menggunakan media pot tanaman untuk dapat tumbuh dengan subur.

Tidak heran, jenis ini tergolong varietas buah naga yang paling murah dibandingkan dengan jenis lainnya.



Jika dilihat secara sekilas, tampilan kulit luar dari jenis ini sulit dibedakan dengan buah naga merah. Namun jika dibandingkan dengan seksama, warna merahnya cenderung lebih muda dibandingkan dengan buah naga merah.

Sedangkan untuk bagian dalamnya, jenis ini memiliki daging berwarna putih dengan biji berwarna hitam.

Karena memiliki rasa yang cenderung asam dengan sedikit rasa manis, buah naga putih cocok diolah menjadi salad maupun es buah.

3. Buah Naga Kuning (Selenicereus megalanthus)

Gambar Foto Manfaat Buah Naga - Selenicereus megalanthusJenis buah naga ini terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan dua varietas di atas.

Buah naga ini memiliki kulit luar berwarna kuning cerah dan daging buah pada bagian dalamnya berwarna putih kekuningan. Selain itu, ukurannya pun lebih kecil dengan bentuk menyerupai nanas.

Dengan keberadaannya yang masih langka dan lebih sulit untuk dibudidayakan di Indonesia dibandingkan dengan dua varietas lainnya, jangan heran jika buah naga kuning dibanderol dengan harga yang lebih mahal untuk setiap kilogramnya.

Ditambah lagi, buah ini lebih sering dijual dalam beberapa pasar swalayan modern dibandingkan dengan pasar tradisional karena harga jualnya yang tinggi tersebut.

4. Buah Naga Hitam (Hylocereus costaricensis)

Gambar Foto Manfaat Buah Naga - Hylocereus costaricensisSatu lagi varietas buah naga yang mungkin masih terdengar asing bagi penikmat buah di Indonesia. Ya, buah naga hitam merupakan bentuk budidaya buah naga terbaru dengan keberadaannya yang masih terbatas di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, daging buah ini memiliki warna hitam pekat. Warna hitam ini sendiri berasal dai pupuk alami yang digunakan dan dikenal dengan nama Black Natural.

Dengan penggunaan pupuk ini, kandungan beta karoten dalam buah ini dapat meningkat sehingga warna daging yang dimilikinya pun berubah menjadi hitam pekat.

Berbagai Macam Manfaat Buah Naga

Selain memiliki rasa manis dan lezat, buah naga kaya akan beragam nutrisi (gizi) yang baik bagi tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh A.L. Leong, seorang pakar kesehatan dari Johncola Pitaya Food R&D (organisasi non-profit yang meneliti buah naga), kandungan nutrisi buah naga sangat lengkap dan bisa juga disebut dengan super food.

Untuk lebih jelasnya, berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap 100 g buah naga.

• Air 87 g
• Vitamin B1 (Tiamina) 0,04 mg
• Vitamin B3 (Niasin) 0,16 mg
• Vitamin B12 (Riboflavin) 0,05 mg
• Vitamin C (Asam Askorbat) 9,4 mg
• Protein 1,1 g
• Serat 0,71 g
• Zat Besi 0,65 g
• Kalsium 134,5 mg
• Karbohidrat 87 mg
• Magnesium 60,4 mg
• Fosfor 8,7 mg

Meskipun nutrisi yang dimilikinya begitu beragam, manfaat buah naga jarang sekali diketahui secara luas.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai buah dari jenis kaktus ini, berikut adalah beberapa manfaatnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

1. Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan: Jerawat, Bibir, Kulit

Dalam hal kecantikan, buah naga dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan kulit.

Salah satu masalah kulit yang sering menjadi permasalahan kaum remaja dan anak muda yang sedang mengalami masa pubertas adalah jerawat.

Jerawat, selain dapat membuat rasa sakit dan iritasi, tentunya juga akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri penderitanya.

Dengan mengonsumsi buah naga maupun menjadikannya sebagai masker wajah, hal ini dapat diatasi tanpa perlu takut munculnya efek samping.

Hal ini dikarenakan buah naga memiliki kandungan vitamin yang sangat besar sehingga mampu membersihkan sekaligus menutup pori-pori kulit di wajah.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, permasalahan bibir kering dan pecah-pecah dapat dicegah.

Ditambah lagi, kandungan Vitamin C yang cukup tinggi mampu mengatasi gejala panas dalam seperti radang tenggorokan, sariawan, dan sebagainya.

Beberapa pakar kesehatan juga menemukan bahwa buah naga dapat dimanfaatkan dalam melembabkan kulit, membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab flek hitam di wajah, dan bahkan mencegah terjadinya penuaan dini.

Untuk itu, daripada menghamburkan banyak uang untuk membeli berbagai macam produk kecantikan dengan segala risiko dan efek sampingnya, buah naga lebih dianjurkan untuk digunakan, baik dikonsumsi secara langsung maupun menjadikannya sebagai masker.

2. Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan, beragam kandungan nutrisi dalamnya sangat dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan ibu dan janin yang dikandungnya, seperti:

• Serat yang tinggi dan bermanfaat dalam melancarkan pencernaan ibu hamil serta mencegah terjadinya sembelit.
• Zat besi yang dikenal mampu mengatasi masalah anemia yang sering dirasakan oleh ibu hamil.
• Vitamin B3/Asam Folat yang berfungsi dalam membantu perkembangan sistem saraf pada tulang belakang janin.
• Kalsium yang berguna dalam meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin.
• Vitamin C, serat, kaarbohidrat, dan beta karoten yang bermanfaat dalam memebuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin yang dikandung.
• Senyawa antioksidan yang tinggi dan penting dalam meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

3. Manfaat Buah Naga Untuk Bayi

Selain berguna untuk ibu hamil dan orang dewasa, khasiat buah naga juga dapat dirasakan untuk bayi.
Masalah paling umum yang sering dialami anak usia balita adalah gangguan pencernaan.

Dengan mengonsumsi buah ini sebagai pendamping makanan, pencernaan si kecil dijamin akan kembali lancar. Selain itu, dengan pencernaan yang lancar, nafsu makan si kecil akan semakin bertambah dan dapat tumbuh dengan sehat.

Kondisi ini disebabkan oleh kandungan buah naga yang kaya akan serat dan vitamin. Kandungan nutrisi inilah yang sangat dibutuhkan tubuh bayi dalam membantu mengatasi permasalahan pencernaan si kecil.

Selain dalam urusan pencernaan, kandungan vitamin, kalsium, dan zat besi yang terdapat dalam buah naga tentunya juga dapat merangsang pertumbuhan gigi sang buah hati.

Jika gigi tumbuh dengan sehat, secara otomatis sistem pencernaan bayi semakin baik dan tumbuh dengan optimal.

Manfaat Buah Naga – Kulit Buah Naga

Selain daging buahnya, kulit buah naga ternyata juga memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Biasanya, kulit ini akan dibuang begitu saja tanpa dimanfaatkan lebih jauh.

Padahal, nutrisi yang terkandung dalam kulit buah naga tidak kalah banyaknya dibandingkan dengan daging buahnya. Untuk itu, berikut beberapa manfaat kulit buah naga yang perlu diketahui.

1. Melenturkan Pembuluh Darah

Menurut sebuah penelitan yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, kulit buah naga mengandung senyawa yang dapat melenturkan pembuluh darah.

Hal ini tentunya menjadi kabar baik terkait banyaknya masalah kesehatan berupa kekakuan pada pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi terganggu.

Senyawa-senyawa yang berhasil ditemukan tersebut adalah Taraxast 12 dan Pentacylic Triyepene 20ene 30aol. Kemampuan utama dari dua senyawa ini diyakini mampu melenturkan pembuluh darah serta mengatasi penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah kembali normal.

2. Mengobati Tumor

Kulit buah naga dikenal juga memiliki senyawa aktif yang dapat menghentikan pertumbuhan sel yang tidak normal dan memicu tumbuhnya tumor.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kulit buah naga dapat diolah menjadi minuman herbal yang menyehatkan.

Caranya pun sangat mudah, dimana kulit yang sudah dipisahkan dari dagingnya kemudian dipotong dan dijemur di bawah terik matahari hingga kering.

Setelah kering, kulit buah naga dapat langsung diseduh menggunakan air hangat layaknya teh. Konsumen dapat mengonsumsinya dua kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.

3. Mendeteksi Adanya Formalin dan Borak pada Makanan

Makanan yang mengandung formalin maupun boraks menjadi momok yang menakutkan akhir-akhir ini.

Cara yang dianggap menguntungkan pedagang nakal ini nyatanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi konsumen, seperti kanker, tumor, kerusakan otak, dan sebagainya.

Untuk mendeteksi makanan tersebut mengandung bahan-bahan ini atau tidak, konsumen dapat menggunakan olahan kulit buah naga.

Caranya, rendam potongan kulit buah naga dalam air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Kemudian, celupkan tisu beberapa saat pada air rendaman hingga berwarna kemerahan. Setelah itu, tempelkan tisu tersebut pada makanan yang akan diuji.

Hasilnya, jika warna merah pada tisu tidak berubah, maka bisa dipastikan makanan mengandung formalin maupun boraks. Namun jika berubah warna menjadi putih kembali, makanan aman untuk dikonsumsi.

Bisakah Buah Naga untuk Program Hamil/Kesuburan?

Secara luas, buah naga dikenal sebagai buah yang mengandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Lalu, bisakah buah naga untuk program hamil/kesuburan?

Ternyata, manfaat buah naga juga merambah dalam bidang ini. Berbagai kandungan nutrisi dalamnya mampu memberikan kesuburan maupun menunjang kesehatan wanita yang sedang hamil, seperti:

1. Asam Folat

Kandungan Asam Folat yang dikandung dalam buah naga mampu menunjang perkembangan sel otak pada janin sehingga mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Selain itu, Asam Folat juga bermanfaat dalam memberikan stamina tambahan bagi ibu sehingga tidak mudah lelah.

2. Karbohidrat

Karbohidrat dalam buah naga berfungsi sebagai energi utama bagi ibu, baik sebelum maupun selama masa kehamilan.

3. Kalsium dan Fosfor

Kalsium dan Fosfor dalam setiap buah naga dapat menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin yang sedang dikandung.

Selain janin, ibu pun juga dapat mendapatkan beragam manfaatnya, seperti menunjang kesehatan tulang, khususnya pada bagian tulang punggung dan panggul.

Dengan mengonsumsinya secara rutin, ibu pun akan selalu bugar setiap harinya.

4. Vitamin B1 (Tiamina)

Vitamin B1 yang dimiliki buah naga dapat memberikan dampak positif terhadap petumbuhan janin, melancarkan pencernaan, mengubah karbohidrat menjadi energi, hingga membantu dalam penyerapan protein.

5. Vitamin C (Asam Askorbat)

Vitamin C merupakan antioksidan alami bagi tubuh sehingga mengurangi risiko dari bahaya serangan berbagai penyakit.

Khusus bagi ibu yang sedang merencanakan kehamilan, kandungan Vitamin C dalam buah naga ini dapat bermanfaat dalam proses pembuahan sel telur sehingga mudah dibuahi oleh sperma.

Aturan Konsumsi/Pakai Buah Naga

Untuk mendapatkan beragam manfaat buah naga sebagaimana disebutkan diatas, buah naga dapat diolah menjadi minuman yang lezat maupun dijadikan sebagai masker untuk perawatan kulit.

Namun, ada beberapa poin aturan konsumsi/pakai buah naga yang perlu diketahui konsumen untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Untuk itu, berikut ulasan singkatnya.

1. Jus Buah Naga

Aturan pertama yang disarankan oleh para ahli gizi mengenai buah naga adalah pembatasan takaran. Setiap harinya, satu buah naga dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

Selain itu, beberapa orang merasa tidak cukup jika jus yang dikonsumsi memiliki rasa yang tidak manis. Pemanis yang digunakan biasanya bervariasi, mulai dari gula pasir, madu, hingga susu.

Khusus untuk jus buah naga, takaran jumlah pemanis sangat disarankan untuk dikurangi, mengingat rasa yang dihasilkan oleh buah naga sendiri sudah manis.

Perhatikan pula takaran gula dalam segelas jus yang dikonsumsi. Setiap harinya, konsumen disarankan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 50 g.

Sebagai tambahan untuk konsumen yang sedang menjalankan program diet, perhatikan pula kalori yang dihasilkan dalam jus buah naga yang akan dikonsumsi.

2. Masker Buah Naga

Untuk membuat masker buah naga, cara yang digunakan puncukup mudah. Pertama, konsumen perlu menyiapkan buah naga yang masih segar.

Setelah dikupas, haluskan daging buah naga secara menyeluruh hingga menjadi berbentuk pasta. Masker pun sudah dapat digunakan dengan cara dioleskan pada kulit.

Selain hanya menggunakan buah naga, pembuatan masker juga dapat dilakukan dengan mencampurkan bahan makanan lainnya yang mampu melengkapi kebutuhan kulit.

Berbagai bahan yang dapat diaplikasikan bersama buah naga menjadi masker diantaranya adalah madu, minyak zaitun, lemon, hingga putih telur.

Efek Samping Buah Naga

Seperti yang telah diketahui, buah naga memiliki banyak manfaat karena mengandung berbagai nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh.

Meskipun begitu, buah naga nyatanya juga dapat menyebabkan efek samping bagi konsumennya.

Meskipun tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh (selama dikonsumsi dalam batas yang wajar), konsumen perlu mengetahui dampak negatif yang bisa ditimbulkan buah naga.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada ulasan berikut ini.

1. BAB Hitam

Jika mengalami hal ini setelah mengonsumsi buah naga merah, bisa dipastikan sistem pencernaan konsumen tidak bermasalah.

BAB hitam ini sendiri diakibatkan oleh pigmen Betahiasin yang dikandung dalam buah naga. Pigmen ini biasa digunakan sebagai pewarna alami pada makanan.

Selain itu, pengonsumsian buah naga yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan feses menjadi encer.

Hal ini dikarenakan jumlah zat besi dan vitamin yang dikandung pada buah naga yang dikonsumsi terlalu banyak sehingga perlu dibuang dari tubuh.

2. Kencing Jadi Merah

Sama halnya dengan alasan di atas, pengonsumsian buah naga juga dapat menyebabkan kencing jadi merah atau lebih dikenal didunia kedokteran sebagai Pseudohematuria.

Warna urin dapat kembali normal dengan menghentikan konsumsi buah naga tanpa perlu adanya pengobatan.

3. Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti. Namun, mengonsumsinya dengan jumlah berlebihan setiap harinya bisa saja menjadi masalah.

Hal ini berkaitan dengan poin di atas, dimana mengonsumsi buah naga berlebih dapat menyebabkan feses menjadi encer.

Hal yang sama juga terjadi bagi ibu hamil. Namun, hal ini dapat berubah menjadi bahaya jika ibu sampai harus menahan BAB, misalnya karena sedang berada di luar ruangan.

Menahan BAB bagi ibu hamil sangat mungkin memicu kontraksi pada uterus yang akan sangat membahayakan bagi ibu dan janin yang dikandung. Untuk itu, batasi pengonsumsian buah ini bagi ibu hamil setidaknya satu buah setiap harinya.

Manfaat Buah Naga – Resep Buah Naga

Dengan rasa yang manis dan sedikit asam, buah naga dapat diolah menjadi beragam makanan dan minuman yang lezat.

Selain itu, segala manfaat yang dikandungnya pun tidak akan hilang jika diolah secara tepat. Untuk itu, berikut beberapa resep buah naga yang dapat dipraktikkan di rumah.

1. Jus Buah Naga Segar

Bahan:
• 1 buah naga merah
• 1 sdm gula pasir
• 2 sdm susu kental manis
• Air putih dan es batu secukupnya.

Cara Pembuatan:

• Siapkan buah naga yang akan digunakan. Kemudian cuci bersih dan belah menjadi dua bagian. Setelah itu, keruk daging buah naga menggunakan sendok dan masukkan ke dalam mixer.

• Masukkan pula susu kental manis, gula pasir, air putih, dan es batu ke dalam mixer. Campur hingga jus lembut dan halus.

• Tuangkan jus ke dalam gelas. Jika perlu, tambahkan kembali es serut sesuai dengan keinginan. Jus pun siap dihidangkan.

2. Bubur Bayi Naga Pisang (Untuk Bayi Usia 6-8 Bulan)

Bahan:
• 50 g buah naga
• 1 buah pisang Ambon
• 100 ml ASI atau susu formula
• 200 ml air putih hangat

Cara Pembuatan:
• Kupas buah naga yang akan digunakan. Kemudian, cuci bersih dan potong dengan ukuran dadu.
• Kupas pisang, lalu potong kecil.
• Rebus potongan buah naga dan pisang dalam sebuah panci selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat dan haluskan secara merata.
• Pindahkan campuran dalam sebuah mangkuk kecil. Kemudian, tambahkan ASI ataupun susu formula yang telah dicairkan. Aduk hingga semuanya tercampur merata.
• Sajikan bubur ketika sudah dingin.

Buah naga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Beragam kandungan nutrisi yang dikandung dari setiap jenisnya dinilai melebihi manfaat yang dapat diberikan beragam buah lainnya, seperti jeruk, apel, dan kiwi.

Baca juga:

Meskipun demikian, jumlah pengonsumsian buah ini setiap harinya sangat disarankan untuk dibatasi mengingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan.

Untuk itu, perhatikan beberapa langkah dan aturan dalam mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat buah naga secara optimal.


rujukan: draxe, medicalhealthguide

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *