Kandungan dan 21 Manfaat Daun Sirih serta Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat Daun Sirih, Flowerian.Com – Hanya dari sehelai daunnya, beragam manfaat daun sirih bisa didapatkan dalam menunjang kesehatan tubuh dan kecantikan.

Bahkan, berbagai kandungan nutrisi dalamnya sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu, dimana daun sirih sering digunakan dalam kegiatan nyirih, yakni mengunyah daun sirih dalam beberapa waktu untuk mendapatkan manfaatnya.

Lalu, kandungan nutrisi apakah yang dimiliki dalam sehelai daunnya sehingga dapat dimanfaatkan dalam hal kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Daun Sirih

Tanaman herbal dengan nama ilmiah Piper betle ini memiliki beragam manfaat dalam hal kesehatan dan juga kecantikan.

Hal ini tentunya dikarenakan berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalamnya. Berikut adalah nilai gizi yang terdapat dalam setiap 100 g daun sirih.

• Energi 44 kkal
• Air 85 g
• Karbohidrat 6 g
• Protein 3 g
• Mineral 2 g
• Serat pangan 2 g
• Lemak 1 g
• Potasium 550 mg
• Kalsium 230 mg
• Fosfor 40 mg
• Zat besi 11 mg
• Sodium 7 mg
• Vitamin B1 (Tiamina) 0,15 mg
• Vitamin B3 (Niasin) 0,7 mg
• Vitamin B12 (Riboflavin) 0,25 mg
• Vitamin C (Asam Askorbat) 3 mg

Dari pemaparan nilai kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun sirih, dapat disimpulkan bahwa daun sirih dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal seputar kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Pemanfaatannya pun seringkali dikombinasikan dengan berbagai bahan pangan lainnya seperti pinang, kapulaga, cengkeh, adas manis, dan rempah-rempah lainnya untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Daun Sirih

Dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap, tidak heran jika daun sirih seringkali digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi berbagai jenis gangguan pada kesehatan.

Hal ini bahkan sudah diakui oleh beberapa negara, seperti India, Malaysia, dan Indonesia.
Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan daun sirih.

1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Daun sirih mengandung senyawa antioksidan seperti betiephenol, chavicol, dan eugenol yang terdapat dalam minyak atsiri daun sirih dan dapat dimanfaatkan dalam mencegah timbulnya radang serta membunuh kuman.

Karena itulah, daun sirih secara efektif mampu menghilangkau bau tidak sedap, baik yang terdapat pada badan, mulut, maupun organ keintiman.

2. Manfaat Daun Sirih Menyembuhkan Keputihan

Keputihan pada organ keintiman dapat mengganggu aktivitas penderitanya karena dapat menyebabkan gatal dan bau yang tidak sedap.



Dengan rebusan air sirih dan penggunaan bahan herbal lainnya, seperti bangle, batang krangean, dan kunyit, masalah ini dapat diatasi dengan segera tanpa menimbulkan efek samping.

3. Menyembuhkan Asma

Meskipun asma bukan merupakan suatu penyakit yang kronis, namun penyakit yang dapat diderita akibat faktor keturunan maupun lingkungan ini mampu menggangu berbagai aktivitas yang dijalani penderitanya.

Gejala yang biasa ditimbulkan adalah sebagai berikut:

• Sesak napas.
• Nafas pendek dan tersengal-sengal.
• Sulit untuk menjalankan aktivitas dalam waktu yang lama.

Untuk meredakan atau bahkan mengatasi gejala penyakit ini, rebusan air sirih dapat dimanfaatkan oleh penderitanya. Dengan kombinasi kandungan nutrisi yang terdapat dalamnya, daun sirih mampu melancarkan saluran pernapasan sehingga gejala asma dapat disembuhkan.

4. Manfaat Daun Sirih Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Hampir sama dengan asma, penyakit ini bukan merupakan penyakit kronis namun berbagai gejalanya tetap mampu menimbulkan efek tidak nyaman bagi penderitanya. Berbagai gejala yang sering ditimbulkan diantaranya:

• Rasa perih ketika menelan,
• Sulit berbicara,
• Batuk, dan
• Suara yang serak.

Rebusan daun sirih dapat dimanfaatkan dalam mengatasi gejala penyakit ini. Dengan mengonsumsi air rebusan ini secara rutin ketika gejala penyakit ini muncul, radang tenggorokan akan lebih cepat untuk hilang.

5. Mengatasi Bronkitis

Salah satu kegunaan ekstrak daun sirih yang paling mujarab adalah kemampuannya dalam mengobati bronkitis, atau infeksi pada bronkus – saluran pernapasan utama pada paru-paru.

Daun sirih bekerja dengan menurunkan peradangan pada bronkus dan paru-paru itu sendiri.

Untuk diketahui, jika infeksi ini tidak diatasi sesegera mungkin, hal ini dapat menyebabkan dahak pada saluran pernapasan yang mampu menyumbat saluran pernapasan.

6. Mengatasi Penyakit Diabetes

Ekstrak daun sirih dikenal mampu mengatur kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi normal. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan anti- diabetes, seperti asam folat, beta-karoten, lutein, vitamin, potasium, kalsium, dan fosfor.

7. Manfaat Daun Sirih Melancarkan Menstruasi dan Mengurangi Rasa Nyeri yang Ditimbulkan

Meminum air rebusan daun sirih dipercaya mampu melancarkan siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

Selain itu, senyawa aktif yang terdapat dalamnya, seperti analgesik dan antiseptik, dapat mengurangi rasa nyeri yang biasa diderita ketika waktu menstruasi atau haid tiba.

Untuk hasil yang lebih optimal, rebusan daun sirih dapat dicampurkan dengan berbagai bahan herbal lainnya, seperti kunyit dan gambir. Dengan rasa yang lebih nikmat, rasakan manfaat yang terkandung dalam minuman herbal ini.

8. Manfaat Daun Sirih Menghilangkan Jerawat dan Masalah Pada Kulit Lainnya

Daun sirih merupakan obat yang tepat dalam mengatasi jerawat, flek hitam, dan masalah kulit lainnya yang membuat kepercayaan diri menurun bagi penderitanya.

Sifat anti-mikroba yang terdapat dalamnya diyakini mampu mengatasi ulserasi kulit, alergi, rasa gatal, hingga bau badan.

Untuk hasil yang lebih baik, biasanya ramuan ekstrak daun sirih dicampurkan juga dengan kunyit, madu, dan bahan alami lainnya yang mampu melengkapi nutrisi bagi kulit.

9. Menyembuhkan Luka Bakar

Luka bakar dapat terjadi akibat kulit yang terpapar suhu yang terlalu panas, seperti terkena minyak panas ketika memasak.

Untuk mengatasinya, daun sirih dapat digunakan dalam meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dan menutup luka bakar secara cepat.

Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan antiseptik, seperti polifenol dan chavicol, yang mampu melawan kuman penyakit yang menyebabkan rasa sakit pada kulit.

10. Manfaat Daun Sirih Menghentikan Pendarahan pada Gusi

Sama halnya dengan pengobatan pada luka luar, daun sirih dapat digunakan dalam menghentikan pendarahan pada gusi. Kandungan antibiotik dan antiseptik yang terdapat dalamnya berperan penting dalam mengobati luka ini.

Caranya pun cukup mudah, dimana penderita cukup menumbuk daun sirih yang telah dicuci bersih, lalu tempelkan hasil tumbukan pada gusi yang mengalami luka.

11. Manfaat Daun Sirih Mengobati Iritasi dan Sakit pada Mata

Mata adalah salah satu organ penting yang dimiliki manusia namun rentan tekena iritasi dan peradangan. Kondisi ini dapat muncul karena mata yang sering terbuka dan banyaknya polutan maupun alergen yang ada di sekitar lingkungan.

Gejala sakit mata yang sering terjadi adalah mata berwarna merah yang sering diikuti rasa gatal dan bahkan disertai rasa perih akibat terlalu sering dikucek.

Untuk mengatasinya, rebusan air sirih dapat diandalkan dengan cara ditetes pada mata yang sakit. Dengan pemakaian secara rutin, iritasi pada mata dapat diobati dengan lebih cepat.

12. Mengobati Sakit pada Telinga

Sakit pada telinga terkadang sangat mengganggu karena letaknya yang cukup dalam. Untuk mengatasinya, dua tetes minyak daun sirih pada setiap telinga dapat digunakan. Umumnya minyak ini dikombinasikan pula dengan minyak kelapa untuk hasil yang lebih optimal.

13. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berbagai penelitian mengenai manfaat daun sirih menunjukkan bahwa daun sirih dapat dimanfaatkan dalam menurunkan kadar lemak total yang ada dalam darah, yakni kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Selain itu, daun sirih dikenal ampuh dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang diperlukan oleh tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan eugenol yang terdapat dalam daun sirih dan merupakan antioksidan yang dapat mencegah terbentuknya kolesterol jahat dalam hati.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, mengingat kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular, seperti gagal jantung, stroke, dan jantung koroner.

14. Mencegah Timbulnya Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daun sirih mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kondisi ini tentunya mampu membantu tubuh dalam mencegah berkembangnya sel-sel kanker mematikan.

Selain itu, senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah timbulnya stres oksidatif, yang merupakan salah satu faktor pemicu kanker yang terdapat dalam tubuh.

15. Mengempiskan Payudara yang Bengkak

Pembengkakan payudara bagi ibu menyusui sering dialami apabila produksi ASI terlalu banyak. Untuk mengatasinya, daun sirih dapat dimanfaatkan dalam mengurangi intensitas ASI sehingga mengurangi pembengkakan.

Caranya, bakar beberapa lembar daun sirih, kemudian letakkan pada area payudara dalam keadaan masih hangat.

16. Mengatasi Sembelit

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu membersihkan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Dengan bersihnya tubuh dari radikal bebas, secara otomatis hal ini membuat level keasaman pada area perut kembali normal. Masalah sembelit yang diderita dapat teratasi

Untuk hasil yang lebih baik, biasanya daun sirih dikunyah ketika perut dalam keadaan kosong atau menjelang tidur saat malam hari. Dengan perut yang kosong, khasiat yang terdapat dalam daun sirih pun dapat bekerja secara optimal.

17. Meningkatkan Nafsu Makan

Berkurangnya nafsu makan seringkali diakibatkan oleh adanya gangguan pencernaan yang diderita. Dengan normalnya kadar keasaman pada pencernaan, hormon lapar dapat dipicu sehingga rasa lapar dapat muncul.

Hal ini tentu dapat dilakukan oleh daun sirih karena kemampuannya dalam menetralkan level PH pada pencernaan.

Dengan menghilangkan berbagai racun dan meningkatkan kadar Seng, nafsu makan dipercaya dapat meningkat sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan berat badan dapat meningkat.

18. Manfaat Daun Sirih Menghentikan Mimisan

Kasus ini seringkali ditemukan pada anak-anak karena berbagai alasan, seperti pembuluh darah yang lemah pada area hidung maupun terjadinya benturan benda keras.

Untuk mengatasinya, ambillah daun sirih segar yang telah dicuci bersih, lalu gulung dan masukkan pada lubang hidung yang mengeluarkan darah. Selama kurang lebih setengah hingga satu jam, mimisan dapat berhenti dengan sendirinya.

19. Mengobati Sakit Kepala

Sering mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan? Daun sirih merupakan solusi alternatif terbaik dengan kandungan analgesik dan kemampuannya dalam mendinginkan kepala.

Daun sirih dapat diaplikasikan sebagai minyak gosok maupun minuman herbal yang berkhasiat dalam menurunkan rasa sakit di kepala, seperti pusing, migrain, dan sebagainya.

20. Mengobati Retensi Air dan Urin

Daun sirih merupakan diuretik yang dikenal ampuh dalam mengatasi retensi air dalam tubuh. Dengan kondisi ini, penderita yang mengalami kesulitan ketika kencing akibat saluran urin yang terhambat dapat terbantu.

Biasanya, daun sirih juga diaplikasikan dengan susu untuk hasil yang lebih optimal.

21. Menghambat Karies Gigi

Karies gigi merupakan salah satu momok yang paling menakutkan dalam bidang kesehatan di Indonesia. Adapun bakteri yang dapat menyebabkan karies gigi sehingga gigi menjadi rapuh adalah Streptococcus mutans.

Untuk menghambat pertumbuhannya, ekstrak daun sirih dapat digunakan sekaligus memperkuat gigi. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung minyak atsiri dan senyawa aktif, seperti alkanoid, fenolik, dan flavonoid yang mampu menangani karies gigi dan aktif terhadap bakteri S. mutans ini.

Aturan Konsumsi Daun Sirih

Daun sirih memiliki beragam khasiat dalam menunjang kesehatan tubuh serta kecantikan. Selain itu, daun sirih juga dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Namun, konsumen perlu mengetahui aturan konsumsi dari daun sirih itu sendiri agar segala nutrisi baik yang dikandungnya dapat digunakan secara optimal.

Selain itu, faktor usia, kesehatan, bobot tubuh, dan faktor lainnya sangat mempengaruhi takaran penggunaannya. Untuk itu, berikut beberapa aturan penggunaan daun sirih yang sangat dianjurkan berdasarkan tujuan penggunaannya.

1. Pemanfaatan Air Rebusan Daun Sirih untuk Diminum

Rebusan dauh sirih merupakan cara paling umum dalam memanfaatkan kandungan nutrisi yang terdapat dalamnya. Selain mudah dalam membuatnya, cara ini dinilai manjur dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit dalam.

Untuk permulaan, siapkan 4-5 lembar daun sirih, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus daun dalam dua gelas air mendidih hingga air tersisa setengahnya.

Jika sudah, rebusan daun sirih dapat dikonsumsi kira-kira 2-3 kali secara rutin setiap harinya. Namun perlu dicatat, pengonsumsian dilakukan hanya ketika diperlukan saja untuk meminimalisir efek samping yang bisa ditimbulkan.

2. Pemanfaatan Air Rebusan Daun Sirih Sebagai Obat Tetes

Selain untuk diminum, daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tetes. Umumnya, cara ini dimanfaatkan dalam mengobati sakit pada mata maupun telinga.

Untuk pembuatan obat tetes dari daun sirih sendiri kurang lebih sama dengan cara di atas namun dengan porsi yang lebih sedikit.

Pertama-tama, siapkan 1-2 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus daun sirih dalam kurang lebih satu gelas air mendidih. Rebus hingga volume air berkurang setengahnya.

Jika sudah, tunggu rebusan daun sirih dingin agar dapat digunakan. Untuk mengatasi permasalahan mata maupun telinga, teteskan 2-3 air rebusan pada area yang sakit. Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, gunakan seperlunya saja selama keluhan sakit masih diderita.

3. Pemanfaatan Daun Sirih untuk Mengobati Luka Luar

Mengobati luka luar, seperti luka bakar maupun luka goresan dapat dilakukan dengan mudah dan ekonomis dengan daun sirih. Pertama, siapkan daun sirih yang sudah dicuci bersih sebelumnya.

Lalu, tumbuklah daun sirih hingga mengeluarkan cairan yang disebut minyak daun sirih. Minyak dan hasil tumbukan inilah yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri yang dirasakan.

Selain itu, hasil tumbukan bisa juga ditambahkan dengan bahan alami lainnya yang ampuh untuk mengobati luka, misalnya saja madu. Dengan campuran ini, luka luar yang diderita akan sembuh lebih cepat.

4. Pemanfaatan Daun Sirih Sebagai Obat Kunyah

Kegiatan bersirih atau menginang merupakan warisan budaya Indonesia yang dipercaya telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu.

Kegiatan mengunyah daun sirih dan bahan-bahan herbal lainnya seperti pinang, gambir, kapur, tembakau, dan cengkih ini dipercaya mampu menguatkan gigi, memberikan aroma sedap pada mulut, menghentikan pendarahan pada gusi, dan sebagainya.

Sebenarnya tidak ada aturan yang begitu jelas mengenai penggunaan daun sirih sebagai obat kunyah. Namun untuk menghindari dampak buruk yang bisa ditimbulkan, hendaknya daun sirih tidak digunakan lebih dari lima lembar dalam sehari.

Selain itu, penggunaan daun sirih juga perlu dicuci bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang melekat pada daun.

Efek Samping Daun Sirih

Disamping manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan tubuh, faktanya, daun sirih juga memiliki efek negatif yang mungkin saja dapat terjadi.

Hal ini bisa saja terjadi jika seseorang mengonsumsi daun sirih secara berlebihan dan jangka waktu yang panjang maupun adanya reaksi alergi pada beberapa kandungan yang terdapat dalamnya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa efek samping daun sirih yang perlu diketahui.

1. Iritasi di Area Kewanitaan

Pemakaian yang tidak tepat dari daun sirih dapat memicu iritasi pada area kewanitaan. Hal ini sendiri berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan dari air rebusan daun sirih yang digunakan.

Selain itu, iritasi juga dapat terjadi jika organ keintiman mengalami kekeringan karena penggunaan daun sirih yang terlalu berlebihan. Untuk itu, penggunaan ekstrak daun sirih dalam menjaga area kewanitaan hanya dilakukan seperlunya saja dan hindari penggunaan setiap hari.

2. Membunuh Bakteri Baik

Daun sirih dikenal sebagai tanaman yang mampu membunuh berbagai bakteri yang menjadi penyebab munculnya penyakit dalam tubuh.

Namun, pengonsumsian yang terlalu berlebih dan dalam jangka waktu yang lama ternyata juga dapat membunuh bakteri-bakteri baik yang sebenarnya berguna dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan antibiotik dan antiseptik yang terdapat dalamnya. Pengonsumsian daun sirih yang tidak tepat akan membunuh semua bakteri yang ada dalam tubuh, khususnya yang terdapat dalam sistem pencernaan.

Untuk itulah, memperhatikan jumlah konsumsi daun sirih dinilai sebagai langkah yang tepat agar tidak membahayakan tubuh.

3. Mempercepat Detak Jantung

Pengonsumsian daun sirih secara berlebih juga dapat memicu tingginya detak jantung yang membuat penderitanya terganggu.

Cara paling ampuh jika mengalami hal ini adalah dengan menghentikan penggunaan daun sirih untuk menghentikan palpitasi dan detak jantung menjadi normal kembali.

Selain itu, ada baiknya untuk berkonsultasi secara langsung kepada dokter jika penderita mengalami hal ini. Dikhawatirkan, tingginya detak jantung juga dapat memicu masalah kesehatan lainnya, seperti serangan jantung hingga stroke.

4. Tumor di Mulut

Air daun sirih sudah dikenal mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh. Namun, dengan penggunaan yang tidak tepat yang disertai dengan pengonsumsian secara berlebihan, kondisi ini bisa saja terjadi.

5. Kanker Otak

Kondisi lainnya yang bisa dialami tubuh dengan penggunaan daun sirih yang tidak tepat adalah kanker otak. Untuk itu, perhatikan selalu takaran konsumsi yang diperlukan agar terhindar dari risiko penyakit ini.

6. Mengurangi Produksi ASI

Bagi ibu menyusui yang memiliki masalah produksi ASI yang berlebih, penggunaan daun sirih yang telah dihangatkan dan ditempelkan pada area payudara (sebelumnya dioleskan dengan minyak kelapa) sangat membantu dalam mengurangi produksinya.

Akan tetapi, hal ini menjadi berbeda bagi ibu menyusui lainnya. Hal ini tentu akan menjadi kerugian besar karena pengurangan jumlah produksi ASI ini.

Baca juga:

Kesimpulan

Daun sirih sudah dikenal di Indonesia sebagai obat herbal dan melengkapi kegiatan menyirih. Dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalamnya, tidak heran jika daun sirih mampu mencegah sekaligus berbagai macam penyakit sehingga tubuh selalu bugar.

Meskipun begitu, perhatikan pula beberapa aturan penggunaan dan pengonsumsiannya sehingga manfaat daun sirih dapat diperoleh secara optimal tanpa menimbulkan efek samping.


rujukan:

Vitaminsestore: http://www.vitaminsestore.com/betel-leaf-benefits-reviews-side-effects-and-dosage/
healthbenefitstimes: https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-betel-leaf/
Herbpathy: https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Betel-Cid1281
Mediskus: https://mediskus.com/herbal/27-manfaat-daun-sirih-wanita-pria

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *