Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat Dan Kanker

Posted on

Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat, Flowerian.Com – Tanaman kelor merupakan tumbuhan asli dari India, Pakistan, Bangladesh, dan Afganistan.

Selain itu, tumbuhan ini juga dapat tumbuh dengan mudah di iklim tropis seperti Indonesia. Selama ribuan tahun, masyarakat sudah mengetahui tanaman ini kaya akan manfaat.

Orang-orang India Kuno sudah lama memanfaatkan kelor untuk pengobatan berbagai penyakit. Termasuk mengobati asam urat.

Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat – Apa Itu Asam Urat?

Pengertian asam urat – yang dilansir dari webmd¹ – adalah nyeri sendi yang terjadi karena seseorang memiliki asam urat yang tinggi di dalam darah dan membentuk kristal-kristal tajam di persendian.

Area yang sering kali diserang adalah jempol kaki. Sakitnya dapat bertahan hingga 10 hari dan 3 hari pertama adalah hari-hari paling menyakitkan.

Gejala yang sering timbul antara lain;

  • Nyeri parah dan tiba-tiba pada persendian, biasanya terjadi pada tengah malam atau pagi hari.
  • Sendi lemah. Bisa juga terasa panas dan bengkak kemerahan atau bahkan ungu.
  • Sendi kaku.

Jika Anda tidak segera mengatasi gejala-gejala seperti di atas, kristal-kristal tersebut dapat menjadi benjolan di bawah kulit sekitar persendian.

Benjolan ini disebut tophi. Meskipun tidak sakit, namun dapat mengganggu penampilan sendi.

Parahnya, jika kristal ini berkumpul di saluran kemih, maka akan menjadi batu ginjal.

Penelitian Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat

Sudah sejak lama pengobatan tradisional Ayurveda dari India mengenal daun kelor sebagai obat untuk asam urat.

Hingga sekarang, daun kelor memang masih menjadi alternatif obat asam urat baik yang masih berbentuk daun, serbuk, maupun kapsul.

Daun kelor dipercaya mampu mengurangi peradangan pada sendi sehingga meringankan asam urat. Dilansir dari Moringaplusint.com², dari hasil penelitian Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Putra Malaysia pada 2008 menyatakan bahwa daun kelor dapat memberikan efek antinociceptive (mengurangi rasa nyeri) dan antiinflamasi (mengurangi peradangan).

Kedua efek ini seringkali ditemukan dalam obat modern untuk penyakit radang sendi dan asam urat. Dengan kata lain, daun kelor yang notabene dapat memberikan kedua efek ini dapat dijadikan obat asam urat.

Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat – Kandungan Nutrisi

Hampir di semua bagian tumbuhan kelor memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan seperti daun, kulit, buah, biji, dan bunganya.

Sementara bagian akar diduga cukup beracun sehingga sebaiknya dihindari. Seperti yang dilansir dari healthline.com³, daun kelor mengandung:



Protein

Ada sekitar 2 gram protein di dalam 21 gram daun kelor yang dipotong-potong. Meskipun jumlahnya tidak seberapa, namun tetap dapat Anda jadikan alternatif sumber protein tambahan sehari-hari.

Vitamin B6

Dari 21 gram daun kelor segar, Anda dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin B6 hingga 19% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Vitamin C

Daya tahan tubuh Anda akan semakin baik dengan konsumsi vitamin C. Siapa sangka dalam 21 gram daun kelor, Anda dapat memperoleh 12% dari asupan harian yang direkomendasikan? Sementara pada bijinya, Anda dapat memperoleh 157% asupan kebutuhan harian akan vitamin C dalam 100 gram.

Zat Besi

Zat besi dapat menghindarkan manusia dari anemia dan memperbaiki imunitas. 22% kebutuhan harian akan zat besi dapat dipenuhi dengan 42 gram daun kelor segar.

Riboflavin (B2)

Tubuh memperoleh energi berkat vitamin B2 atau riboflavin. Jika Anda mengonsumsi 21 gram daun kelor, maka 11% kebutuhan harian akan terpenuhi.

Vitamin A

Untuk menjaga kesehatan syaraf mata, Anda perlu vitamin A. Daun kelor ternyata juga mengandung vitamin A. Dalam 21 gram daun kelor segar, Anda dapat memperoleh 9% asupan yang direkomendasikan.

Magnesium

Kepadatan tulang dapat dijaga dengan magnesium. Anda dapat memperoleh manfaat magnesium dalam daun kelor. 21 gram daun kelor segar memiliki kandungan magnesium sebanyak 8% dari asupan kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Antioksidan

Daun kelor juga memiliki kadar antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Antioksidan yang terdapat di dalamnya antara lain quercetin dan asam klorogenik. Quercetin dikenal dapat mengurangi tekanan darah dan asam klorogenik dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah setelah makan.

Keunggulan lainnya, asam klorogenik juga dapat menghambat pembentukan lemak sehingga baik untuk usaha penurunan berat badan.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama 3 bulan menunjukkan peningkatan kadar antioksidan dalam darah.

Resep Cara Pembuatan dari Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat

Penggunaan daun kelor untuk obat (terutama secara oral) dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, kesehatan, dan kondisi pasien lainnya.

Daun kelor sejatinya aman dikonsumsi selama tidak berlebihan. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika ingin memanfaatkan daun kelor untuk mengobati asam urat. Pastikan dokter memberikan lampu hijau.

Beberapa resep obat berbahan daun kelor untuk meringankan asam urat antara lain;

Resep 1

Bahan;

3 lembar daun kelor

Setengah sendok makan kapur sirih

Cara membuat:

  1. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus.
  2. Bubuhkan pada sendi yang sakit.

Resep 2

Bahan;

15 gram (satu genggam) daun kelor, bersihkan dari kotoran

3 gelas air

Cara membuat;

  1. Rebus daun kelor dengan 3 gelas air.
  2. Didihkan hingga air tersisa 1 gelas.
  3. Matikan api dan tunggu rebusan dingin.
  4. Saring dan minum 3 kali sehari, tiap satu kali minum 1 gelas.

Selain untuk obat asam urat, ramuan di atas juga dapat dikonsumsi untuk mengobati sakit maag, diabetes, dan penyakit lainnya. Sekarang ini, tersedia daun kelor dalam bentuk kapsul sehingga praktis dikonsumsi. Mengenai dosis, Anda dapat melihat pada label.

Khusus untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi daun kelor.

Meskipun belum ada informasi yang memadai mengenai bahaya daun kelor untuk wanita hamil dan menyusui, namun bunga, akar dan kulit tanaman ini disinyalir mengandung bahan kimia yang dapat memicu kontraksi uterus dan mungkin dapat menyebabkan keguguran.

Daun kelor juga sering disebut-sebut dapat meningkatkan produksi asi. Namun belum dapat dipastikan bahwa daun kelor aman untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Jalan terbaik adalah menghindari daun kelor jika Anda sedang mengandung atau menyusui.

Penyakit Lain Yang Dapat Disembuhkan Dengan Daun Kelor

Meskipun belum dilakukan uji klinis, namun daun kelor mungkin dapat menyembuhkan beberapa penyakit berikut ini karena efek yang dibawanya.

Penyakit-penyakit tersebut meliputi;

  • Asma
  • Anemia
  • Radang sendi
  • Kanker
  • Sembelit
  • Diabetes
  • Diare
  • Epilepsi
  • Sakit kepala
  • Gangguan tiroid
  • Infeksi

Dioleskan pada area yang bermasalah:

  • Asam urat
  • Ketombe
  • Gigitan ular
  • Gingivitis
  • Kutil
  • Infeksi kulit
  • Infeksi jamur kronis, dll

Lihat Juga manfaat daun lainnya:

 Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat – Kesimpulan

Mengingat begitu banyak manfaat yang dimiliki daun kelor, tidak ada salahnya Anda menanam kelor di taman rumah Anda.


Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *