Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Daun Pegagan, Flowerian.Com – Daun pegagan (Centella asiatica) sering dianggap oleh sebagian orang sebagai daun liar yang tidak berguna.

Namun sebenarnya, daun ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Terlebih lagi, daun pegagan bisa menjadi alternatif obat bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi obat-obatan medis yang mungkin mengandung beberapa senyawa kimiawi.

Terus baca untuk mengetahui manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan.

Daun Pegagan untuk Kesehatan

  • Manfaat Daun Pegagan untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Kelelahan ataupun rasa lemah dapat merupakan gejala awal anemia.

Hal ini disebabkan karena kurang lancarnya asupan darah di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Banyak sekali obat-obat diluar sana yang menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan anemia.

Namun penggunaan dalam jangka panjang, tubuh akan mengalami asupan zat besi yang berlebih yang dapat menyebabkan masalah kulit hingga keracunan.

Jangan khawatir karena daun pegagan dapat membantu mengatasi masah anemia dengan alami dan cara membutnya juga sangat mudah.

Cukup gunakan daun pegagan sebagai teh dengan cara merebus beberapa helai daun pegagan.

Jika mengosumsinya secara rutin, daun pegagan akan membuat peredaran darah dan asupan oksigen ke seluruh badan serta otak menjadi lancar.

  • Manfaat Daun Pegagan untuk Meredakan Gejala Depresi

Perasaan yang tidak menentu atau biasa disebut dengan mood swing biasanya terjadi pada wanita yang mengalami PMS atau Pre-Menstrual Syndrome.

Namun, perubahan perasaan yang tidak normal dalam jangka waktu lebih dari 2 minggu merupakan gejala awal depresi yang bisa dialami oleh siapapun.

Depresi sendiri merupakan gangguan kesehatan yang menyerang kesehatan mental si penderita.

Penyakit depresi ini tidak sama dengan stress karena jika mengalami depresi, penderita biasanya tidak akan bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik.

Jika penyakit depresi ini dibiarkan secara terus-menerus tentunya akan sangat berbahaya bagi penderita sendiri karena penyakit ini bisa menyebabkan Alzheimer, stroe, hingga kematian.

Untungnya, daun pegagan dapat membantu untuk meredakan gejala depresi karena memiliki senyawa yang dapat menenangkan otak dengan cara meningkatkan rangsangan saraf di otak.

Hal ini akan berpengaruh untuk memperbaiki kinerja otak secara keseluruhan sehingga baik untuk mengurangi gejala depresi dan penderita akan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Daun Pegagan untuk Kecantikan

  • Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Penumbuh Rambut Alami

Anggapan bahwa rambut adalah mahkota wanita memang benar adanya karena dapat melengkapi kecantikan dari seorang wanita itu sendiri.

Namun, memiliki rambut indah tidaklah mudah dan menggunakan jenis perawatan rambut yang tidak tepat dapat memperburuk kesehatan rambut.

Permasalahan rambut ini juga biasa terjadi di berbagai kalangan dari yang muda hingga yang tua.

Karena perawatan rambut yang beredar belum tentu dapat membantu mengatasi masalah rambut, daun pegagan dapat menjadi solusi alternatif yang alami dan murah.

Daun pegagan memiliki nutrisi baik yang untuk kulit kepala sehingga merangsang petumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Selain dijadikan teh untuk dikonsumsi, air rebusan daun pegagan bisa digunakan langsung untuk memijat kulit kepala.

Setelah mengkonsumsi daun pegagan, niscaya rambut akan tumbuh kembali dengan subur dan sehat karena sirkulasi darah di sekitar kepala membaik dan akar rambut menjadi lebih kuat.

  • Manfaat Daun Pegagan untuk Menghilangkan Bekas Luka

Selain masalah rambut, masalah yang biasa dialami kebanyakan orang adalah masalah bekas luka.

Bekas luka bisa saja mengganggu penampilan dan sebagian besar orang tidak menginginkan bekas luka tersebut.

Memang ada beberapa obat untung menghilangkan bekas luka yang bisa dibeli di apotek, namun harganya sangatlah tidak bersahabat dengan kantong dan terkadang obat tersebut tidak bekerja dengan baik.

Daun pegagan memiliki kandungan triterpenoid yang berkhasiat menyembuhkan luka.

Selain itu, kandungan dari daun pegagan tersebut dapat membantu untuk menghambat terjadinya keloid jika diaplikasikan di bekas luka secara berkala.

Cara mudah untuk menggunakan daun pegagan adalah dengan penggunaan luar yaitu dengan menghancurkan daun pegagan sampai halus.

Setelah daun pegagan halus, penderita dapat mengaplikasikannya di area kulit yang luka untuk menghindari munculnya keloid.

  • Manfaat Daun Pegagan untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Kulit wajah yang cantik dan bebas jerawat tentunya merupakan idaman dari semua orang.

Sayangnya, banyak sekali faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat dan jika tidak diperhatikan serta diatasi dengan benar, maka jerawat akan menjadi lebih parah.

Jangan khawatir karena masalah jerawat dapat diatasi dengan mudah dengan menggunakan daun pegagan.

Selain meminum air rebusan daun pegagan, daun pegagan yang dihaluskan dapat digunakan sebagai masker wajah alami.

Penggunaan rutin dari masker jerawat dan konsumsi air rebusan daun pegagan ini dapat membuat jerawat hingga noda bekas jerawat cepat hilang.

Gambar Daun Pegagan

Gambar Foto Manfaat Daun Pegagan untuk Kecantikan

Gambar Foto Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Gambar Foto Manfaat Daun Pegagan untuk Mencegah Jerawat

Gambar Foto Manfaat Daun Pegagan untuk Otak

Gambar Foto Manfaat Daun Pegagan untuk Penumbuh RambutBaca juga yang penting diketahui dibawah ini:

Kesimpulan

Setelah mengetahui manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan, hal ini bisa menjadi salah satu alternatif pengganti dari pengobatan medis yang seperti yang telah diketahui bahwa pengobatan medis belum tentu dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

Selain itu, daun pegagan juga mudah untuk ditemui dan tentunya daun pegagan ini tidaklah mahal jika dibandingkan dengan pengobatan medis.


rujukan: webmd¹²³ª

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *