Manfaat Daun Sirih untuk Wanita

Posted on

Manfaat daun Sirih untuk Wanita, Flowerian.Com – Daun sirih merupakan jenis tanaman yang sudah lama dipercaya orang Indonesia sebagai tanaman obat.

Daun sirih sendiri juga telah digunakan dalam rangkaian prosesi adat di Indonesia sejak jaman dahulu dan daun sirih juga terkadang digunakan sebagai bahan baku dari beberapa masakan tradisional.

Selain itu, daun sirih mempunyai segudang manfaat lain, khususnya bagi wanita. Lantas, apa saja manfaat daun sirih untuk wanita?

Manfaat Daun Sirih Wanita dalam Kesehatan

  • Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan masalah yang sangat krusial yang kerap dialami oleh banyak wanita.

Sebenarnya keputihan itu sendiri merupakan hal yang normal, namun jika seorang wanita mengalami keputihan terus-menerus hingga menyebabkan bau dan gatal maka keputihan tersebut bisa disebut sebagi keputihan yang tidak normal.

Tentunya keputihan yang tidak normal tersebut dapat mengganggu aktifitas dan menurunkan rasa percaya diri dari seorang wanita.

Namun, penyakit keputihan ini bisa disembuhkan dengan cara merebus daun sirih dan menggunakan air rebusan tersebut di daerah kewanitaan.

Hal ini akan mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap, tetapi para wanita dianjurkan untuk tidak menggunakan air rebusan tersebut terlalu sering karena akan membuat area kewanitaan menjadi kering. 

  • Mengatasi Masalah Haid

Permasalahan selanjutnya yang biasanya dialami oleh kebanyakan wanita adalah masalah haid, salah satunya adalah waktu haid yang tidak menentu.

Hal ini sebenarnya bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti depresi, konsumsi makanan yang tidak tepat, masalah hormon, dan lain sebagainya.

Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah dengan cara meminum air rebusan sirih.

Namun harus diingat bahwa jenis sirih yang harus digunakan adalah sirih hijau dan air rebusan ini harus diminum jika waktu haid bermasalah.

Sebagian lagi percaya bahwa siklus haid yang tidak teratur dapat disebuhkan dengan daun sirih yang direbus dengan mahkota dewa dan ubi dewa.

Selain itu, para wanita juga kerap mengalami nyeri saat datang masa haid.

Ada beberapa kriteria wanita yang mungkin mengalami nyeri haid, yaitu yang kelebihan berat badan, yang merokok dan mengonsumsi alcohol, dan yang belum pernah hamil.

Mengalami nyeri saat haid sangatlah menyiksa dan rebusan daun sirih akan sangat membantu meringankan nyeri haid.

Namun dalam hal ini, daun sirih harus direbus dengan kunyit dan gambir, setelah itu airnya harus diminum. 

Manfaat Daun Sirih untuk Wanita Bidang Kecantikan

  •  Obat Jerawat

 Jerawat juga merupakan salah satu permasalahan umum yang dialami oleh banyak wanita.

Jerawat sebenarnya tidak terlalu mengancam kesehatan karena jerawat merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita.

Namun, memiliki jerawat tentunya akan mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri dari seorang wanita itu sendiri.

Namun jangan khawatir karena permasalahan jerawat ini dapat diatasai dengan memanfaatkan daun sirih yang dihaluskan untuk dijadikan masker.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakan air rebusannya untuk mencuci muka secara rutin dan jerawat akan segera hilang karena kandungan mineral yang dimiliki oleh daun sirih.

  • Mempercantik Kulit

Memiliki kulit yang indah dan cantik adalah idaman semua wanita. Segala macam cara akan dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah idaman.

Namun sesunggguhnya, tidak semua wanita tahu bahwa paparan bahan kimia secara terus-menerus bukannya mempercantik kulit namun malah sebaliknya.

Cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang indah dan cantik adalah dengan menggunakan daun sirih.

Selain menyembuhkan jerawat, daun sirih juga sangat berguna untuk mempercantik kulit, namun cara mengolah daun sirih disini sedikit berbeda dengan cara sebelumnya.

Untuk mendapatkan kulit yang cantik, daun sirih harus direbus dengan kurma dan gingseng, setelah itu air rebusannya diminum.

  • Menghilangkan Bau

Suhu ruangan yang panas, tidak ber-AC, dan aktivitas yang padat dapat menyebabkan timbulnya keringat yang mengganggu.

Keringat biasanya menumpuk di daerah telapak kaki, telapak tangan, lipatan tubuh seperti ketiak, dan bagian tubuh yang lain.

Para wanita tentunya akan sangat minder jika kebetulan keringat yang dihasilkan berbau menyengat.

Keringat berbau menyengat tersebut sebenarnya berasal dari perpaduan keringat itu sendiri dan kuman yang menumpuk di tubuh.

Jika tidak segera diatasi, hal ini akan menyebabkan jamur yang juga menyebabkan gatal di area tumpukan keringat di tubuh.

Untuk mencegah hal tersebut, cukup gunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh bagian tubuh yang bau, maka kuman pun akan hilang dan tidak akan mengganggu aktivitas.

Jika jamur terlanjur muncul, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghaluskan daun sirih dan menggosok bagian tubuh yang berjamur sebanyak tiga kali dalam sehari.

Gambar Daun Sirih

Gambar Foto Manfaat daun Sirih untuk Wanita Atasi Masalah Haid

Gambar Foto Manfaat daun Sirih untuk Wanita Kesehatan dan Kecantikan

Gambar Foto Manfaat daun Sirih untuk Wanita Menghilangkan Bau Badan

Gambar Foto Manfaat daun Sirih untuk Wanita sebagai Obat Jerawat

Gambar Foto Manfaat daun Sirih untuk Wanita untuk Kesehatan KulitBaca juga:

Kesimpulan

Manfaat daun sirih untuk wanita sudah bisa dibuktikan dari mulai untuk kesehatan sampai kecantikan.

Terlebih lagi, cara mengolah daun sirih terbilang mudah dan para wanita bisa dengan mudah menanam tanaman ini di rumah untuk bisa langsung merasakan manfaatnya.

Yang perlu diingat adalah coba cari tahu apakah tubuh atau kulit Anda memiliki alergi terhadap daun sirih atau jenis kulit yang sensitif.

Jika ingin mencoba keterangan manfaat daun sirih untuk wanita diatas, cobalah dengan kaar yang sedikit terlebih dahulu.


rujukan:

[1] NCBI¹, Betel leaf: Revisiting the benefits of an ancient Indian herb, PMCID: PMC3892533. Diakses pada 1 Maret 2018

[2] HealthLine², The Best Minerals and Vitamins for Acne, Ditulis oleh Zohra Ashpari. Review medis oleh Cynthia Cobb, DNP, APRN pada 3 November 2017. Diakses pada 1 Maret 2018

[3] WebMD³, Menstrual Pain, WebMD Medical Reference Reviewed by Traci C. Johnson, MD on November 10, 2017 . Diakses pada 1 Maret 2018

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
1Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *