Khasiat Buah Tomat

Posted on

Khasiat buah tomat, Flowerian.Com – Buah yang satu ini dalam menunjang kesehatan tubuh tentunya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan rasa yang lezat dan segar, buah berwarna merah ini pun hadir dengan beragam variasi olahan makanan yang dapat dinikmati.

Namun tahukah Anda, kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah tomat ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kandungan nutrisi dalam buah tomat yang memiliki peranan penting dalam menunjang kesehatan dan kecantikan kulit adalah vitamin C dan likopen.

Dua senyawa ini memang dikenal sangat baik alam menjaga kulit tampak selalu sehat dan berseri. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah tomat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

  • Membuat Kulit Putih Bercahaya

Setiap wanita pastinya ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Dengan mengonsumsi buah tomat secara rutin, kulit akan tampak lebih sehat alami tanpa menimbulkan efek samping.

Buah tomat mengandung beragam senyawa antioksidan yang mampu menambah kolagen pada kulit sehingga mencegah kulit menjadi kendur.

Selain dengan mengonsumsinya, pengaplikasian masker tomat juga dapat dilakukan untuk memberikan hasil yang lebih optimal.

  • Mengatasi Masalah Jerawat dan Komedo

Timbulnya jerawat dan komedo di wajah menjadi masalah tersendiri bagi wanita dan mempengaruhi kepercayaan dirinya.

Untuk mengatasinya, tempelkan irisan tomat pada wajah dan pijat secara perlahan hingga mengeluarkan airnya.

Setelah didiamkan selama beberapa waktu, bilas wajah dengan air bersih. Gunakan cara ini setidaknya dua kali sehari hingga masalah jerawat dan komedo hilang.

  • Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Sinar UV dikenal mampu merusak kolagen yang terdapat pada jaringan kulit. Dengan rusaknya kolagen ini membuat kulit menjadi keriput dan kusam.

Selain mengatasinya dengan penggunaan tabir surya, pengonsumsian buah tomat secara rutin dapat dilakukan sehingga kulit akan terlindungi dari paparan sinar UV.

Selain itu, senyawa antioksidan yang terdapat pada buah tomat juga dapat mengganti sel-sel kulian sinar UV.gunaan tabir surya, pengonsut yang rusak sehingga kulit terlihat lebih kencang.

  • Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Pengonsumsian buah tomat secara rutin mampu mengontrol produksi minyak yang terjadi pada wajah. Sehingga kulit pun menjadi lebih bersih dan bercahaya.

  • Menyehatkan Kulit Kepala

Tidak hanya baik untuk kulit tubuh dan wajah, buah tomat ternyata sangat bermanfaat dalam menyehatkan kulit kepala.

Dengan kulit kepala yang sehat, maka pertumbuhan rambut pun akan semakin baik dan tidak terlihat kusam.

Selain itu, masalah ketombe yang seringkali dialami akibat produksi minyak yang berlebih di kulit kepala dapat dihindari dengan pengonsumsian secara rutin.

Khasiat Buah Tomat yang Jarang Orang Ketahui

Buah tomat tidak hanya bermanfaat dalam hal kesehatan dan kecantikan kulit saja.

Buah berwarna merah cerah ini ternyata menyimpan beragam manfaat lainnya dengan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap.

Penasaran dengan manfaatnya? Berikut ulasannya.

  • Mengatur Intensitas Detak Jantung

Dalam setiap 100 gram, buah tomat mampu memberikan kecukupan nutrisi potasium 237 mg yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan jumlah ini, cukup bagi buah ini untuk mengatur intensitas detak jantung dan membantu mencegah gangguan pada jantung serta penyakit stroke.

  • Mencegah Penyakit Mata

Buah tomat kaya akan vitamin A, flavonoid B kompleks, tiamina, folat, niasin, dan kandungan nutrisi penting lain yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Maka tidak mengherankan, buah ini pun mampu mencegah penyakit mata, seperti rabun hingga katarak.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Buah tomat mengandung berbagai mineral dan nutrisi baik yang mampu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, senyawa antioksidan yang dimilikinya pun mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti gangguan jantung dan stroke.

  • Baik untuk Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah tomat berperan aktif dalam meningkatkan kekuatan tulang dan gigi.

Maka dari itu, pengonsumsian buah ini secara rutin mampu meminimalisir risiko seseorang terkena pengeroposan tulang dan gigi.

  • Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Beberapa kandungan flavonoid antioksidan yang terdapat dalam buah tomat, seperti likopen dan zeaxanthin, dikenal mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sistem kekebalan tubuh (imunitas) akan semakin baik sehingga seseorang tidak akan mudah sakit ketika mengonsumsi buah ini secara rutin.

Baca juga:

Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah tomat mampu membantu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh, seperti paru-paru, usus, dan payudara.

Hal ini dikarenakan, senyawa antioksidan bekerja sebagai penangkal radikal bebas tubuh sehingga meminimalisir risiko bertumbuhnya reaksi karsinogen.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah tomat hanya mengandung 4 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan tanpa kandungan lemak.

Karena kandungan kalori yang rendah inilah, buah ini seringkali dimasukkan dalam menu diet sebagai program penurunan berat badan atau menjaga berat tubuh tetap ideal.

Cara Mengkonsumsi Tomat yang Benar

Seperti dijelaskan diatas, tomat mengandung Vitamin C dan juga Likopen. Dimana Vit C bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan Likopen berguna meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Sayangnya, untuk mendapatkan 2 manfaat diatas sekaligus sungguh rumit. Tomat yang dimasak dalam jangka waktu 15 menit bagus untuk meningkatkan kadar likopen hingga 171 persen.  Namun sebaliknya, ia akan menghilangkan kadar vit C sebanyak 15 persen.

Jadi ada baiknya Anda melakukan tukar-ganti cara mengkonsumsinya untuk mendapatkan khasiat dari buah tomat tersebut.

Gambar Buah Tomat

Gambar Foto Khasiat Buah Tomat Bagi Tubuh

Gambar Foto Khasiat Buah Tomat dan Kandungan Buah Tomat

Gambar Foto Khasiat Buah Tomat untuk kecantikanBaca juga:

Kesimpulan

Buah tomat mengandung beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin dan mineral.

Maka tidak mengherankan jika buah tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit serta tubuh.

Segala manfaat buah tomat ini bisa didapatkan tanpa menimbulkan efek samping bagi tubuh selama mengonsumsinya dalam batas wajar. Perhatikan juga cara mengkonsumsinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat!


rujukan:

livestrong¹, Tomato Health Benefits. Ryan Devon, 3 Oktober 2017. Diakses pada 15 Maret 2018
StyleCraze², 36 Amazing Benefits Of Tomatoes For Skin, Hair, And Health. Ravi Teja Tadimalla, 6 Februari 2018. Diakses pada 15 Maret 2018
KlikDokter³, Tomat, Lebih Baik Dimasak atau Dimakan Mentah? dr Dyah Novita Anggraini, 25 Januari 2017. Diakses pada 15 Maret 2018

 

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
38Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *