Rekomendasi 4 Buah-Buahan untuk Diet

Posted on

Buah-Buahan untuk Diet, Flowerian.Com – Dewasa ini, makin banyak diantara kita yang mengkonsumsi buah-buahan untuk diet.

Pada dasarnya banyak sekali buah yang bisa kita konsumsi untuk mendukung program diet.

Hanya saja belum terlalu banyak yang mengerti betul, buah apa saja yang terbilang efektif untuk membantu program diet.

Berikut berbagai macam buah yang diyakini efektif untuk membantu program diet.

Daftar Buah-Buahan untuk Diet yang Disarankan

Program diet adalah pengaturan pola makan untuk mendapatkan tubuh dan berat ideal. Untuk membantu proses tersebut ada beberapa buah yang sangat bagus. Simak untuk mengetahui lebih lanjut:

  1. Apel

Gambar Foto Buah-Buahan untuk Diet - ApelBisa dibilang apel adalah buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, baik untuk tujuan diet atau tidak.

Kegemaran orang Indonesia untuk mengkonsumsi apel tentu dilandasi berbagai alasan.

Namun dari sekian banyak alasan yang bisa ditemukan, alasan diet menjadi alasan yang paling sering ditemui. Hal ini tentu bukan tanpa sebab.

Sebab yang paling utama adalah karena apel mmengandung banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 hingga vitamin C bisa didapatkan dari satu buah apel.

Selain semua vitamin tersebut, apel juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi serta rendah kolesterol.

Kandungan antioksidan yang tinggi sangat berguna bagi para penderita asmma dan juga diabetes.

Sementara serat yang tinggi dan kolesterol yang rendah memiliki peran penting dalam menurunkan berat badan karena dapat mempertahankan kadar gula dalam darah agar tetap seimbang.

Rutin mengkonsumsi buah apel akan mencegah kita dari ngemil berlebihan karena apel dapat membuat peurt kita terasa kenyang dalamm waktu yang lebih lama.

Selain itu, apel juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan gigi serta menghilangkan bau mulut.

  1. Pisang

Gambar Foto Buah-Buahan untuk Diet - PisangSeperti halnya buah apel, buah pisang juga dikategorikan sebagai buah yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Seringnya buah pisang kita jumpai sebagai pelengkap hidangan makanan tentu bukan tanpa alasan.

Buah pisang yang dihidangkan tersebut baiknya disantap sebelum kita mengkonsumsi makanan utama.

Namun masih banyak yang menganggap pisang sebagai buah pencuci mulut dan disantap sesudah makan. Tentu hal tersebut tidak sejalan jika kita berniat untuk menurunkan berat badan.

Buah pisang yang mengandung vitamin A, B6 dan vitamin C.

Selain ketiga vitamin tersebut, terdapat juga tiga gram serat, 105 kalori serta sumber mineral seperti potasium dan juga folat yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika menurunkan berat badan secara alami.

Bahkan buah pisang merupakan buah yang memiliki kandungan potasium yang paling tinggi dibandingkan jenis buah lain dengan 422 miligram dalam satu buah pisang.

Itulah mengapa mengkonsumsi pisang dapat mencukupi kebutuhan energi harian dan merupakan buah yang tepat untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Semangka

Gambar Foto Buah-Buahan untuk Diet - SemangkaSelain pisang, kita juga kerap kali menemui buah semangka sebagai buah untuk pendamping makanan utama. Ini karena semangka juga termasuk sebagai buah yang manjur untuk menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi semangka sebelum makan tentu akan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal itu dapat mencegah kita dari makan dalam porsi berlebihan yang dapat memicu obesitas.

Asam amino yang terkandung dalam buah semangka dapat membantu untuk membakar lemak.

Tak hanya itu, semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kandungan kalori di dalamnya dapat mencegah kita dari dehidrasi.

Banyaknya kandungan air tersebut juga membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Biji semangka yang selama ini kita buang ternyata juga dapat diolah menjadi cemilan untuk diet sehari-hari dengan cara memanggangnya.

  1. Pepaya

Gambar Foto Buah-Buahan untuk Diet - PepayaMenerapkan program diet dengan mengkonsumsi buah-buahan tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli buah-buah yang mahal.

Diantara semua buah yang telah disebut, pepaya menjadi buah yang paling ekonomis jika kita ingin menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Kandungan vitamin C dan E, beta karoten dan juga folat dalam pepaya dapat mereduksi risiko kanker usus.

Serat pangan dalam buah pepaya juga mampu membasmi racun-racun jahat yang dapat menyebabkan kanker usus besar.

Itulah mengapa pepaya juga diyakini sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Tumpukan lemak yang ada di dalam perut akan ikut larut bersama kotoran dan dibuang keluar.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam pepaya tak hanya baik untuk kesehatan mata tapi juga baik untuk menjaga agar kulit tetap sehat.

Biji buah pepaya yang banyak mengandung antioksidan juga dapat diracik menjadi saus salad sebagai pengganti lada hitam karena memiliki rasa pedas yang kuat.

Kesimpulan

Menjalani program diet terkadang terasa berat jika kita belum memahami cara-cara apa saja yang bisa ditempuh. Ketika mmenempuh cara yang berat dan ekstrim, tak jarang tubuh justru tidak kuat dan menjadi jatuh sakit.

Oleh karenanya, mengkonsumsi buah-buahan untuk diet diyakini menjadi cara paling tepat agar tidak perlu melakukan program diet ekstrim yang menyiksa.


rujukan: newsmax¹, eatthis²

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *