Cara Merawat Bunga Cempaka, Flowerian.COM – Sebagai tanaman hias, bunga cempaka memiliki wangi harum yang sangat khas.

Batangnya yang termasuk kedalam kayu-kayuan keras dapat tumbuh tinggi dan besar. Hal ini menjadikan bunga cempaka sebagai tanaman hias yang dapat berumur panjang.

Foto Bunga Cempaka TelurBeberapa wilayah di Indonesia bahkan penduduknya biasa menggunakan bunga cempaka untuk acara ritual maupun sembahyang.

Bunga cempaka ini memiliki beberapa jenis, bunga cempaka berwarna putih, kuning dan merah.




Bunga cempaka berwarna bunga merah ini memang sangat jarang ditemui.

Cara merawat bunga cempaka agar berbunga banyak

Sebagai tanaman yang memiliki wangi yang sangat harum pada bunganya, cempaka memiliki kandungan minyak atsiri yang pula dapat dimanfaatkan untuk dijadikan minyak wangi atau parfum. Untuk dijadikan tanaman hias, bunga cempaka sangat mudah dalam hal penanaman.

Merawatnya pun tidak akan memerlukan budget fantastis jika anda menanam bunga yang memiliki nama lain bunga kantil ini.




Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuat bunga cempaka anda memiliki bunga yang banyak.

Pencahayaan

Perhatikan pencahayaan yang diterima tanaman bunga cempaka. Bunga cempaka adalah tanaman yang membutuhkan pencahayaan yang cukup banyak.

Jadi usahakan menanam tanaman bunga cempaka di halaman yang dapat terkena banyak cahaya matahari. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pertumbuhan s bunga cempaka yang anda tanam.




Pemupukan

Untuk tanaman berkayu keras seperti tanaman bunga cempaka ini, tentu akan membutuhkan nutrisi lebih banyak yang berasal dari tanah.

Untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tanah media tanam bunga cempaka, anda dapat memberikan pupuk.

Cara Merawat Bunga Cempaka – Pemangkasan

Foto Cara Merawat Bunga CempakaUntuk pemangkasan bunga cempaka, hanya dilakukan pada batang-batang yang sudah layu atau kering saja, sehingga batang baru dapat tumbuh dengan cepat.

Selain itu, anda juga dapat pula memeik tunas-tunas baru yang muncul. Pemangkasan pada tunas akan membrikan tempat untuk cabang baru tumbuh.

Cabang yang tumbuh pada bekas tunas tersebut akan menjadi tempat kuntum-kuntum bunga cempaka untuk tumbuh dan mekar.

Galeri Foto Bunga Cempaka, Klik Pada Gambar untuk Memperjelas

Nah, cukup mudah bukan untuk menanam maupun merawat si bunga cempaka yang harum mewangi ini. Selamat mempraktekan cara merawat bunga cempaka di atas.

Untuk menambah koleksi bunga di taman, Anda juga dapat menanam Bunga Bougenville atau Bokor. Selamat Mencoba. Jangan lupa beri Like dan Share tulisan ini ya.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here