Cara Merawat Bunga Flamboyan, Si Penyuka Iklim Tropis

Foto Berbagai Macam Cara Merawat Bunga Flamboyan

Cara Merawat Bunga Flamboyan, Flowerian.com – Flamboyan adalah jenis tanaman dengan batang keras namun memiliki bentuk dan warna bunga yang sangat indah. Flamboyan termasuk jenis flora yang berasal dari wilayah Madagaskar, di Afrika.

Foto Cara Merawat Bunga Flamboyan Agar BerbungaDi Indonesia, bunga falamboyan dapat tumbuh bahkan tumbuh dengan subur dikarenakan iklim yang sangat mendukung untuk tumbuhnya tanaman bunga flamboyan.

Seperti di daerah asalnya yang panas, Indonesia yang memiliki iklim tropis tentu memudahkan tanaman ini untuk beradaptasi.

Di Negara dengan empat musim, biasanya bunga flamboyan bermekaran di saat musim semi dan musim panas.

Kedua musim inilah yang memiliki daya dukung seperti suhu dan kelembapan udara yang mendukung bunga flamboyan hingga akhirnya ia dapat berbunga.

Cara merawat bunga flamboyan untuk memepercantik halaman rumah

Jika di negara empat musim flamboyan hanya dapat berbunga di musim semi serta musim panas, berbeda halnya di Indonesia, flamboyan dapat berbunga bahkan setahun penuh karena iklimnya sangat mendukung.

Pengecualian jika pada musim hujan cuaca terlalu dingin, maka kemungkinan flamboyan tidak dapat berbunga.

Di musim kemarau, flamboyan akan berbunga indah. Bunga-bunganya berwarna kuning kemerahan dan menutupi hampir sebagian atas pohon flamboyan. Itulah mengapa orang banyak yang menjuluki flamboyan sebagai pohon api.

Tips Cara Merawat Bunga Flamboyan

Foto Bagaimana Cara Merawat Bunga FlamboyanLalu, untuk menjadikan flamboyan ini tumbuh subur anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini.

Karena dalam satu tahun pertama saja, tinggi pohon flamboyant sudah dapat mencapai hingga lima meter. Jadi bagaimana perawatannya?

  1. Flamboyan butuh tempat yang luas.
  2. Flamboyan harus mendapat akses satu hari penuh terhadap sinar matahari langsung.
  3. Pemangkasan dilakukan secara teratur.
  4. Penyemprotan cairan anti hama sesekali diperlukan.

Flamboyan adalah sebuah tanaman hias yang tumbuhnya bisa sangat cepat dan mencapai tinggi hingga hitungan meter.

Oleh karena itu, jangan menanam flamboyan di area yang terlalu dekat rumah anda. Jika musim hujan tentu hal itu akan sangat mengkhawatirkan karena pohon flamboyant mungkin bisa saja tumbang.

Selain itu, pohon flamboyan yang dapat tumbuh dengan cepat ini harus dibarengi dengan pemangkasan yang dilakukan secara teratur.

Sehingga bentuk pohonnya nantinya tidak acak-acakan. Demikian beberapa cara merawat bunga flamboyan sehingga tampilannya dapat mempercantik halaman rumah anda.

Lihat Galeri pohon flamboyan, klik pada gambar untuk memperbesar

Kami merekomendasikan Anda juga mencoba Pohon cemara udang dan bougenville.

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
7Shares
Jatmiko Agung

About the Author: Jatmiko Agung

Suka menulis dan bercocok tanam saat ini sedang menyibukkan diri sebagai penulis dan penggiat penghijauan kota.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *