Cara Merawat Bunga Gerbera, Flowerian.COM – Indonesia seperti sebuah surga bagi banyak spesies tumbuhan maupun hewan untuk melangsungkan hidup.

Bahkan tumbuhan dan hewan yang bukan asli berasal dari Indonesia pun tetap dapat bertahan hidup walaupun tentu saja pada awalnya membutuhkan adaptasi.

Bunga garbera adalah salah satu contoh dari tanaman yang berasal dari Afrika Selatan tetapi tetap dapat bertahan hidup di Indonesia.

Tanah di Indonesia memang sangat subur untuk tempat hidup berbagai jenis mahluk hidup. Garbera di Indonesia ada beberapa jenis.




Dan pada umumnya, tanaman garbera ini dimanfaatkan bunganya yaitu sebagai bunga potong untuk menghias pot-pot di meja anda.

Cara Merawat Bunga Gerbera dalam skala kecil

Cara Merawat Bunga Gerbera di Rumah

foto Bagaimana Cara Merawat Bunga GerberaDi Indonesia, bunga garbera dapat tumbuh dengan baik jika memenuhi persyarata seperti di dataran yang memiliki ketinggian antara 400 meter hingga 1400 meter di atas permukaan laut.

Media tanam yang baik adalah tanah dengan pH 5,5 hingga 6 sehingga garbera dapat tumbuh dengan baik.




Dalam skala kecil, seperti sebagai tanaman hias di halaman rumah, perawatannya tentu akan lebih mudah tidak seperti jika anda membudidayakan garbera dalam skala yang besar. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Lakukan penyiraman secara teratur.

Jika cuaca terlalu panas, anda harus menyiram garbera dua kali dalam sehari untuk menjaga kelembaban tanah. Namun di musim hujan anda cukup sekali saja dalam satu hari dalam melakukan penyiraman.

2. Walaupun anda menanam garbera dalam skala kecil, tetap jaga kebersihan media tanam.




Jauhkan media tanam dari tumbuhnya gulma atau rumput liar lainnya denga menyianginya secara teratur.

Jika, contohnya, gulma tumbuh di dalam pot yang sama dengan garbera yang anda tanam, dikhawatirkan garbera anda akan terhambat pertumbuhannya.

3. Anda juga perlu membuang tunas-tunas baru yang tumbuh pada batang-batang garbera.

4. Satu bulan satu kali pemupukan sangat dianjurkan untuk membuat garbera tumbuh lebih cepat, dan dapat cevat berbunga pula.

5. Untuk mencegah hama ataupun penyakit tanaman pada garbera, anda perlu menyemprotkan cairan anti hama seperti Decis 2,5 EC.

Foto Cara Merawat Bunga Gerbera di RumahTau Bunga Euphorbia? Coba Anda Tanam!

Jika ingin mendapatkan bunga garbera segar dengan aroma yang segar dan wangi semerbak, anda harus sabar menunggu hingga minimal usia tiga bulan, garbera pun akan berbunga.

Galeri Foto Gerbera, Klik Pada Gambar untuk Memperjelas

Sementara itu, anda perlu melakukan cara merawat bunga garbera di atas dengan benar dan dilakukan secara teratur.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here