Cara Merawat Bunga Iris Dengan Mudah

Foto Cara Merawat Bunga Iris Sebagai Hiasan

Cara Merawat Bunga Iris, FLOWERian.COM – Bunga iris adalah bunga yang memiliki tampilan yang sangat menarik.

Warna bunganya ada yang berwarna kuning hingga merah, bahkan ada pula jenis iris yang memiliki bunga warna perpaduan antara kuning dan ungu.

Bentuk bunganya yang sangat cantik ini adalah daya tarik utama bagi pencinta tanaman hias untuk menanam bunga iris di halaman rumah mereka.

Cara Merawat Bunga Iris – Kelebihan dan Kekurangan

Foto Cara Merawat Bunga Iris di PotKeunggulan lain iris dari bunga lainnya adalah bunga ini tidak dapat dengan mudah dihinggapi penyakit atau hama tanaman. Ini menjadikan perawatan iris tidak terlalu repot.

Meskipun demikian, iris juga memiliki satu kekurangan yakni bunga ini hanya akan berbunga satu kali dalam satu tahun.

Jadi ketika di dalam satu tahun iris sudah berbunga, bulan berikutnya anda tidak akan melihat keindahan iris sampai satu tahun berikutnya.

Cara merawat bunga iris yang perlu anda perhatikan

Kemajuan teknologi dan perkembangan jaman saat ini akhirnya dapat memungkinkan iris dapat berbunga dua kali dalam satu tahun.

Dengan perawatan yang optimal, iris dapat berbunga dengan baik dan bahkan dalam satu tahun anda dapat keindahannya dua kali.

Para ahli sudah mengembangkan iris hybrid untuk membuat iris dapat berbunga dua kali. Tentu ini menjadi kabar yang sangat baik bagi para pecinta iris.

Foto Cara Merawat Bunga Iris di TanahTetap, jangan lupakan perawat untuk si iris agar dapat tumbuh sehat. Perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pastikan tanaman bunga iris mendapatkan akses penuh terhadap cahaya matahari.

Cahaya matahari adalah satu hal penting yang dapat mempercepat pertumbuhan iris.

Jika anda meletakkan iris di tempat yang susah terkena cahaya, iris mungkin saja dapat tumbuh subur dalam hal daunnya, tapi tidak dengan bunganya. Daun yang lebat tidak dapat menjamin iris dapat berbunga.

2. Menyiram bunga iris ketika tanah sudah tidak lembab saja.

Pada musim hujan, jangan menyiram iris karena dapat menyebabkan tanah tempat iris tumbuh menjadi becek dan akan membuat akar iris membusuk.

3. Pupuk dapat diberikan satu kali saja dalam satu tahun. Berikan pupuk pada iris di saat musim hujan, karena pupuk akan mudah meresap pada tanah.

4. Pangkas iris setiap dua bulan sekali untuk menjadikan batangnya terlihat rapid an juga untuk peremajaan batang-batangnya.

Lihat galeri bunga iris, klik pada gambar untuk memperjelas

Sebagai Bunga Taman, Bunga Ixora dan Bunga Gladiol layak untuk dipertimbangkan

Selamat mempraktekan cara merawat bunga iris yang sudah dijelaskan di atas.

Yuk, Bagikan kepada Orang Terdekat!
0Shares
Jatmiko Agung

About the Author: Jatmiko Agung

Suka menulis dan bercocok tanam saat ini sedang menyibukkan diri sebagai penulis dan penggiat penghijauan kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *