Cara-Cara Menanam Bunga Gerbera

Posted on

Cara-Cara Menanam Bunga Gerbera, FLOWERian.com – Bunga garbera adalah bunga yang berasal dari wilayah Afrika Selatan dan Afrika Utara.

Karena Negara asalnya yang cenderung memiliki iklim yang panas, di Indonesia garbera dapat bertahan hidup dan bahkan sudah banyak yang membudidayakan tanaman hias yang satu ini.

Masuknya garbera ke wilayah nusantara, para ahli tanaman mengatakan sekitar abad ke Sembilan belaslah saat wilayah nusantara menjadi kawasan perdagangan yang cukup maju.

Syarat penanaman dan Cara Menanam Bunga Gerbera

Langkah Langkah Cara Menanam Bunga Gerbera

Gambar Foto Cara Cantik Menanam Bunga GerberaUntuk menanam bunga garbera ini sebenarnya tidaklah sulit. Iklim di Negara asal garbera yang tidak jauh berbeda dengan iklim di Indonesia membuat garbera mudah beradaptasi.




Garbera sendiri mempunyai empat jenis menurut bentuk bunganya.

Dan tahukah anda, bunga garbera ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan produk kecantikan seperti sabun ataupun bahkan produk-produk kosmetik lainnya.

Bunga gerbera memang memiliki produksi minyak atsiri yang cukup banyak seperti halnya bunga cempaka sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan yang sudah disebutkan tadi.




Lalu, bagaimana cara menanam garbera? Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan bibit gabera. Untuk mendapatkan bibit garbera anda bisa menggunakan bijinya. Seleksi terlebih dahulu biji-biji garbera sebelum memasuki proses penyemaian.

2. Siapkan media semai yang terdiri dari tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan satu untuk masing-masing media tanam.

3. Siapkan wadah yang datar sebagai tempat penyemaian.




4. Siapkan potongan batu bata untuk alas media semai yang diletakkan di dasar wadah semai.

5. Masukan media semai pada wadah yang sudah dilapisi dengan batu bata tadi.

6. Sisakan sepuluh persen saja dari media tanam untuk nantinya digunakan untuk lapisan paling atas setelah biji garbera disemai.

7. Semai biji-biji garbera dan lapisi permukaannya dengan tanah. Dapat juga menggunakan plastik untuk melindungi dan menjaga kelembaban tanah tempat penyemaian.

8. Setelah bibit tumbuh dengan helaian daun berjumlah tiga buah, inilah saatnya untuk memindahkan bibit ke media penanaman.

9. Untuk media tanam, gunakan komposisi media sepeti media semai.

10. Tanam maksimal dua buah bibit pada satu pot.

11. Sirami secara teratur

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Gerbera yg Baik

Jika sudah mengerti cara menanam bunga garbera yang sudah dijelaskan di atas, sekarang saatnya ada mempraktekannya, selamat mencoba.

Jika Suka
Silahkah klik "Like!".

Follow on Twetter !







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *